Analisis Terhadap Hadis-Hadis Pendidikan Karakter dalam Keluarga

https://1.bp.blogspot.com/-iOuSRjMveqU/WhjlbuhEDCI/AAAAAAAABXk/mUgAsHmnMQYisnkUT5IoKzBMo2Ig9MCUwCLcBGAs/s72-c/IMG_20171125_102006.jpg click to zoom
Ditambahkan 19.30
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp. @ Alhamdulillah puji dan syukur penulis panjatkan - Allah Swt, yang telah melimpahkan rahmat dan pertolongan-Nya...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Analisis Terhadap Hadis-Hadis Pendidikan Karakter dalam Keluarga




















Rp. @

Alhamdulillah puji dan syukur penulis panjatkan - Allah Swt, yang telah melimpahkan rahmat dan pertolongan-Nya. Sehingga penulis dapat mempunyai kekuatan dan kesempatan untuk menyelesaikan tulisan dalam sebuah buku yang sampai di tangan pembaca sekarang. Shalawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad saw, yang telah menuntun manusia menuju jalan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Buku ini penulis persembahkan untuk suami tercinta Amul Husni Fadlan, karena lewat hasil support dan jerih payahnya karena telah bersedia berkolaborasi menyelesai-kan buku ini sebagai editor buku sehingga selesai penulisan-nya. Dan untuk kedua bidadari yang kami sayangi Lubna Ainun Najwa dan Iklila Aufia Haqi semoga kelak menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa. Sholehah selamanya. Amin. Tidak lupa pula ucapan terima kasih untuk kedua orang tua dan kedua mertua karena melalui doa-doanya tulisan ini selesai. Dan terima kasih juga kepada teman dan pihak yang men-dukung atas selesainya tulisan penulis.
Selanjutnya, buku ini berisi tentang kajian analisis hadis-hadis pendidikan karakter dalam keluarga. Tema ini sangat penting dikaji karena pendidikan Islam selalu aktual dibicara-kan, terutama tentang pendidikan karakter dalam keluarga. Pada era globalisasi dewasa ini banyak hal yang membawa dampak negatif, sehingga terjadi krisis moral yang ditandai dengan maraknya tawuran, pelecehan seksual, dan sebagainya. Hal itu mengakibatkan sangat jauh dari tujuan pendidikan agama Islam. Islam memandang bahwa keluarga memiliki peran yang penting dalam pembentukan karakter seorang anak.
Kajian terhadap hadis Nabi Saw sebagai sumber dan rujukan ajaran Islam kedua setelah al-Qur’an sangat diperlukan untuk dapat mengambil pelajaran dan keteladanan dari setiap yang disampaikan Nabi Saw melalui perbuatan, sabda dan ketetapan. Oleh karena itu, pembacaan hadis-hadis pendidikan karakter dalam keluarga dari berbagai aspeknya, penulis rasa sangat penting. Karena, kajian dari perspektif Islam masih cu-kup jarang, terutama dari dalam khazanah studi hadis. Padahal hadis merupakan ‚rekaman sejarah‛ dan juga sumber ajaran Islam kedua setelah al-Qur’an yang keberadaannya dalam kerangka ajaran Islam begitu urgen. Peranan hadis semakin penting jika di dalam ayat-ayat al-Qur’an tidak ditemukan suatu ketetapan, maka hadis dapat dijadikan dasar hukum dalam dalil-dalil keagamaan. Dan sebagai penjelas dari al-Qur’an itu sendiri sekaligus bagi kemaslahatan hidup manusia dalam semua aspeknya.
 M. Syuhudi Isma’il mengungkapkan arti penting lainnya dalam penelitian hadis, di antaranya;. 1). Hadis Nabi sebagai salah satu ajaran agama Islam, 2). Tidaklah seluruh hadis tertulis pada zaman Nabi, 3). Telah timbul berbagai pemalsuan hadis, 3). Proses penghimpunan hadis yang memakan waktu lama, 5). Jumlah kitab hadis yang banyak dengan metode penyususnan yang beragam, 6). Telah terjadi periwayatan hadis secara makna.2 Oleh karena itu, hadis diamalkan dan diaktuali-sasikan dalam kehidupan keseharian. Dengan demikian, hadis mempunyai peran yang sangat penting dalam Islam.
Arti penting lainnya adalah bahwa selama ini hadis-hadis tentang pendidikan karakter dalam keluarga mungkin memang tidak terlalu popular di tengah masyarakat. Atau mungkin popular hanya karena banyak para pakar pendidikan meng-gunakan hadis tersebut hanya sebatas mencantumkan hadis dan artinya saja sebagai penguat konsepnya. Hal ini bisa ditemukan dalam sejumlah literatur keislaman populer, yang dengan mudahnya mengambil hadis untuk dijadikan sebagai legitimasi pendapat oleh seorang penulis. Bahkan yang lebih mempri-hatinkan lagi adalah masih ditemukannya karya ilmiah maha-siswa atau sejumlah dosen yang mengambil hadis tidak dari kitab-kitab hadis yang mu’tabarah, dan tidak disertai dengan sanad, matan dan mukharij al-hadis secara lengkap. Belum lagi kualitas hadis yang belum diketahui secara pasti, namun ba-nyak kalangan telah menggunakannya sehingga seolah-olah hadis tersebut populer karena di kalangan masyarakat akademis maupun masyarakat umum.
Padahal kegiatan penelitian hadis itu sangat penting sekali guna mencari pemahaman kandungan hadis yang ter-aktualisasi dalam ranah pendidikan, nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya sehingga jika direlevansikan pada masa sekarang sangat banyak kontribusi yang didapat khusus-nya dalam rangka pendidikan karakter dalam keluarga. Sehingga dari hadis-hadis Nabi Saw tersebut memiliki otoritas kedua dalam sumber ajaran Islam dan mampu berinteraksi dengan waktu dan tempat.
Akhirnya, semoga segala upaya dan usaha yang penulis lakukan dalam penulisan buku ini, dapat memberikan manfaat dan sumbangan bagi pengembangan khazanah ilmu penge-tahuan dalam bidang pendidikan dan hadis. Khususnya pema-haman secara totalitas dan komprehensif perihal pendidikan karakter dalam perspektif hadis Nabi Saw. Sehingga dari be-berapa kontribusi tersebut bisa direlevansikan pada masa sekarang khususnya untuk membentuk dan menanamkan jiwa karakter pada anak sebagai solusi krisis moral yang terjadi di Indonesia dimulai dalam lingkungan keluarga. Amin (Penulis dalam pengantar bukunya)

Identitas Buku
Judul        : Analisis Terhadap Hadis-Hadis Pendidikan Karakter dalam Keluarga
Penulis            : Lutfiyani, S.Th.I., M.Pd.I
Penerbit          : Samudra Biru, Yogyakarta
Cetakan          : I, Oktober 2017
Dimensi          : xxiv + 147 hlm. ; 14 x 20 cm.




Komentar