Nilai-nilai Pendidikan Karakter: Meneladani Kisah Musa dan Khidir

https://2.bp.blogspot.com/-Q_q3UMLIjjE/Wel8ikbhCBI/AAAAAAAABLw/-3aVpyguz6MQjRL3AjBs8MzdoIAvsEGkACLcBGAs/s72-c/IMG_20171020_112849.jpg click to zoom
Ditambahkan 21.31
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp. @ Segala puji tetap tercurah dan terlimpah kepada Allah Swt, Tuhan Yang Maha Pengasih namun tak pilih kasih, rab...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Nilai-nilai Pendidikan Karakter: Meneladani Kisah Musa dan Khidir




















Rp. @

Segala puji tetap tercurah dan terlimpah kepada Allah Swt, Tuhan Yang Maha Pengasih namun tak pilih kasih, rabb Yang Maha Penyayang namun tak pandang sayang. Atas karunia-Nya, penulis bisa merasakan manisnya iman, indahnya Islam dan menyelesaikan buku ini. Shalawat dan salam semoga ditetapkan kepada Nabi Muhammad, Rasul penuntun umat yang membawa amanat untuk kebaikan di dunia dan di akhirat. Semoga kita selalu ditetapkan menjadi umatnya hingga akhir zaman kelak. Aamiin.
Buku ini ditulis dengan judul Nilai-nilai Pendidikan Karakter: Meneladani Kisah Musa dan Khidir. Pembahasan mengenai pendidikan karakter ini menjadi sangat relevan dengan potret krisis pendidikan yang dihadapi oleh bangsa kita. Meskipun akhir-akhir ini prestasi intelektual pelajar Indonesia mengalami peningkatan yang baik dengan banyaknya prestasi di berbagai kompetisi internasional, namun kemunduran justru terjadi pada aspek moralitas yang diakibatkan oleh terabaikannya pembangunan karakter pelajar Indonesia.
Para pemerhati pendidikan telah menganalisis beberapa penyebab terjadinya kemunduran itu di antaranya adalah karena ketidaklengkapan aspek materi, terjadinya krisis sosial dan krisis budaya, serta hilangnya teladan yang baik, akidah shahihah dan nilai-nilai islami.
Tujuan buku ini ditulis adalah sebagai upaya penulis untuk menggambarkan teladan pendidikan karakter melalui kisah Musa dan Khidir yang tersurat di dalam Al-Quran. Kandungan Al-Quran sangat komprehensif diantaranya tentang sejarah umat terdahulu atau kisah-kisah yang sering disebut dengan istilah Qashashul Quran (kisah-kisah Al-Quran), kandungan Al-Quran sangat luas dan dalam, bagaikan lautan yang tak akan habis dikaji dan diteliti oleh manusia, kisah yang sebagian besar berupa sejarah adalah sebuah media pembelajaran yang sangat efektif bagi seluruh manusia.
Sebagai jawaban atas permasalahan pendidikan karakter, penulis berupaya untuk menemukan teladan karakter dalam kisah Musa dan Khidir. Desain studi dalam buku ini adalah library research menggunakan penafsiran muatan nilai karakter kisah Musa dan Khidir menurut M. Quraish Shihab dalam surat Al-Kahfi ayat 60-82 di dalam Tafsir Al-Misbah.
Kompetensi penulis tafsir tersebut menjadi dasar utama pemilihan Al-Misbah sebagai bahan kajian dalam penulisan buku ini. Sebagai doktor ilmu Al-Qur’an pertama di Asia Tenggara, produk pemikiran M. Quraish Shihab dalam tafsir tersebut sangat cocok untuk mengkaji pendidikan karakter. Di samping itu, penulis menggunakan standar dari nilai karakter yang dicanangkan oleh Pusat Kurikulum, Badan Penelitian Pengembangan Kemendikbud Th. 2011 sebagai indikatornya.
Akhirnya, penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga buku ini dapat terbit. Kepada Samudra Biru yang telah bersedia menerbitkan buku ini. Sebagai karya yang bersumber dari penelitian penulis saat menempuh studi S1 ini tentu penulis tidak melupakan jasa para pembimbing, penguji, maupun seluruh sivitas akademika yang mengarahkan dan memberikan masukan dengan penuh kesabaran. Terima kasih tak terhingga kepada semua pihak yang belum tersebut namanya di sini yang telah mendampingi perjalanan penulis hingga penulisan buku ini selesai.
Penulis tidak dapat membalas kebaikan yang telah diberikan, semoga Allah senantiasa memberikan penghidupan yang baik, kemurahan rezeki, dan semoga buku ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi semuanya. Selamat membaca! (Penulis dalam pengantar bukunya)

IDENTITAS BUKU
Judul                     : Nilai-nilai Pendidikan Karakter: Meneladani Kisah Musa dan Khidir
Penulis                 : Izna Nur Rahmah, S.Pd.,
Penerbit                : Samudra Biru, Yogyakarta
Cetakan                : I, September 2017

Dimensi               : xii + 90 hlm. ; 14 x 20 cm


Komentar