Menekan Angka Kematian Ibu: Studi Simulasi Intervensi di Sulawesi Barat

https://2.bp.blogspot.com/-TTQXZBTGqTs/WdSegs66gQI/AAAAAAAABIY/gL5lOKq7geIF1cYQoArPZok0DA3Jg6XRQCLcBGAs/s72-c/IMG_20171004_153925.jpg click to zoom
Ditambahkan 01.27
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp. @ Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Hidayah-Nya serta Izin-Nya sehingg...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Menekan Angka Kematian Ibu: Studi Simulasi Intervensi di Sulawesi Barat




















Rp. @


Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Hidayah-Nya serta Izin-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku ini. Shalawat dan salam kepada Rasulullah SAW, sahabat, keluarga dan mereka yang senantiasa mengikuti jalan yang telah beliau SAW gariskan, karena hanya dalam hal ini setiap hamba akan memperoleh kebermaknaan yang hakiki atas setiap aktivitas hidup termasuk dalam penyelesaian tesis ini sebagai persembahan kepada Sang Khalik dan semoga bermanfaat kepada sebanyak-banyak manusia.
Buku ini merupakan pengembangan tesis penulis saat menimba ilmu di Konsentrasi Epidemiologi Program Pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, dengan judul “Prediktor Perilaku Kesehatan Terhadap Kematian Ibu dengan Model Sistem Dinamis di Sulawesi Barat”. Buku ini berbicara tentang Angka Kematian Ibu (AKI) yang merupakan aspek penting dalam sebuah kebijakan kesehatan. Kajian yang ada dalam buku ini bertujuan untuk mengestimasi AKI ibu selama 28 tahun (2007–2035) dan menemukan strategi yang paling sesuai dalam menekan laju peningkatan AKI di Sulawesi Barat. Tanpa mengetahui seberapa besar estimasinya, kita akan mendapatkan kesulitan bagaimana menekan AKI khususnya di Sulawesi Barat.
Dalam melakukan estimasi ini, metode yang digunakan adalah pendekatan model sistem dinamik dilanjutkan dengan simulasi berdasarkan skenario yang telah ditetapkan dan kemudian menggunakan alat bantu diagram simpal kausal (loops) menghasilkan perilaku sistem dinamis. Analisis data menggunakan Powersim versi 2.5 for windows. Sampel penelitian ini yaitu seluruh data yang terkait dengan variabel penelitian yaitu jumlah kematian ibu, determinan kematian ibu yaitu penggunaan alat kontrasepsi, penolong persalinan, dan tempat bersalin.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa estimasi AKI selama 28 tahun di Sulawesi Barat meningkat 70% dari 294/100.000 KH tahun 2007 menjadi 449/100.000 KH di tahun 2035. Peningkatan AKI dapat dicegah dengan intervensi berbagai faktor risiko yaitu intervensi KB pada PUS mampu menekan 4.124 (23,31%) kehamilan untuk mengurangi AKI, intervensi penolong persalinan mampu menekan 13/100.000 KH (4,38%) AKI dan intervensi tempat bersalin mampu menekan 17/100.000 KH (4,4%) AKI. Setelah dilakukan kombinasi intervensi penggunaan alat kontrasepsi, penolong dan tempat bersalin mampu menekan 30/100.000 KH (10,2%) AKI.
Penyelesaian buku ini tidak lepas dari motivasi dan bantuan berbagai pihak. Oleh karenanya pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak-pihak baik yang secara langsung maupun tidak dalam proses penyelesaian buku ini. Kepada Bapak Prof. Dr. Ridwan Amiruddin, SKM., M.Kes., M.ScPH; Bapak Prof. Dr. dr. H. M. Tahir Abdullah, M.Sc, MSPH,; Bapak Prof. Dr. dr. Nur Nasry Noor, MPH.; Bapak Prof.Dr.Drg.A.Arsunan Arsin, M.kes.,; Bapak Dr. Stang, M.Kes; yang telah memberikan banyak masukan berharga dalam penyusunan buku ini. Akhirnya, buku ini penulis persembahkan untuk kedua orang tua tercinta Ayahanda H. Andi Pabiangi dan Ibunda Alm. Andi Sahri; suami tercinta Andi Hartasning Arsyad; anak tercinta Andi Rafardhan Anhari Hartasning; seluruh keluarga besar yang tidak bisa disebutkan satu per satu, terima kasih yang setulus-tulusnya atas segala pemberian, pengorbanan, perhatian, dan doa tulus yang senantiasa mengiringi perjalanan penulis dalam menuntut ilmu. Manusia tak pernah luput dari kekhilafan, karena itu penulis sangat menghargai bila ada kritik dan saran demi penyempurnaan buku ini. Semoga bermanfaat. Selamat membaca! (Penulis dalam pengantar bukunya)


IDENTITAS BUKU
Judul               : Menekan Angka Kematian Ibu: Studi Simulasi Intervensi di Sulawesi Barat
Penulis             : Andi Musdalifah, SKM., M.KES.
Penerbit           : Samudra Biru, Yogyakarta
Cetakan           : I, Juli 2017
Dimensi           : xiv + 96 hlm. ; 16 x 24 cm


Komentar