Resensi Buku Terbitan Samudra Biru di Media Massa #2

https://2.bp.blogspot.com/-93_j1GRsqhQ/WRaB3BQTD7I/AAAAAAAABAw/-lmA45zFFQwl7EdBiXXAJtpVSBVMyHi3gCLcB/s72-c/Kedaulatan%2BRakyat.png click to zoom
Ditambahkan 20.54
Kategori Artikel
Harga @ Setelah sebelumnya resensi buku dengan judul “Pemikiran Pendidikan Islam Soekarno” yang ditulis oleh Syamsul Kurniawan, S.Th.I, M....
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Resensi Buku Terbitan Samudra Biru di Media Massa #2

@

Setelah sebelumnya resensi buku dengan judul “Pemikiran Pendidikan Islam Soekarno” yang ditulis oleh Syamsul Kurniawan, S.Th.I, M.S.I dimuat di harian Sindo serta buku dengan judul “Mensyukuri Bahasa Indonesia” yang ditulis oleh Sudaryanto, MPd dimuat di harian Kedaulatan Rakyat (Selengkapnya dapat klik disini), kini giliran buku dengan judul “Kosakata dan Ungkapan Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia”.
Buku “Kosakata dan Ungkapan Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia” merupakan buku yang ditulis pula oleh Sudaryanto, MPd dan diterbitkan oleh Penerbit dan Percetakan Samudra Biru pada Januari 2017. Buku dengan tebal 83 halaman ini diresensi oleh M Ardi Kurniawan dan terbit di Harian Kedaulatan Rakyat pada Sabtu, 29 April 2017.
Harian Kedaulatan Rakyat , Sabtu 29 April 2017

Dalam resensinya, M Ardi Kurniawan yang juga merupakan pengajar di Universitas Ahmad Dahlan mengungkapkan jika dari dalam negeri, Bahasa Indonesia mengambil berbagai kosakata dalam bahasa Sunda, Jawa, atau Betawi. Dan Bahasa Jawa merupakan bahasa dengan jumlah penutur terbesar. Tidak heran jika pengaruhnya cukup terasa dalam bahasa Indonesia. Berbagai kosakata dari Bahasa Jawa dapat ditemukan dalam Bahasa Indonesia. Meski demikian, tidak banyak masyarakat yang mengetahui hal tersebut.
Dalam hal semacam itulah buku “Kosakata dan Ungkapan Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia ini berguna. Buku ini berisi berbagai kosakata dalam Bahasa Jawa yang diserap Bahasa Indonesia. Contoh kosakata tersebut antara lain adalah cakruk, bangsal, mentala, macapat, parikan dan sentak. Berbagai kosakata tersebut relatif mudah dicari karena disusun secara alfabetis. Kosakata yang dimuat tersebut juga diberi penjelasan secukupnya mengenai arti atau maknanya.
Selain kosakata, buku ini juga memuat ungkapan dalam bahasa indonesia yang berasal dari Bahasa Jawa. Ungkapan yang dimaksud di sini adalah ungkapan yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia atau ungkapan dalam bahasa Jawa yang kerap dipakai oleh masyarakat di Indonesia, Contohnya becik ketitik ala ketara. Juga yang lainnya.
Lebih lanjut resensator mengungkapkan jika buku ini dapat dikatakan sebagai salah satu sarana untuk merawat budaya Jawa, khususnya dibidang bahasa. Buku ini juga berguna bagi pembaca untuk mengenal dan menambah varian kosakata dan ungkapan dari bahasa Jawa yang bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari.


Komentar