Sosiologi Dalam Kehidupan Masyarakat

https://2.bp.blogspot.com/-7wzY9ndRGHc/WQBhsc8e4-I/AAAAAAAAA-U/O1ZnQwmTNVo95I56aFBY3tfclepmE-moQCLcB/s72-c/19.%2BSosiologi%2Bdalam%2BKehidupan%2BMasy_IV230_2x.jpg click to zoom
Ditambahkan 02.02
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp. 50.000 @ M anusia itu hidup di tengah masyarakat yang dinamis, bukan statis. M asyarakat yang dinamis tidak hanya d...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Sosiologi Dalam Kehidupan Masyarakat


Rp. 50.000 @

Manusia itu hidup di tengah masyarakat yang dinamis, bukan statis. Masyarakat yang dinamis tidak hanya diartikan sebagai masyarakat yang multikultural, akan tetapi juga masyarakat yang memiliki banyak  problematika.  Mulai  dari  kemiskinan,  kriminalitas,  keluarga yang tidak harmonis, kenakalan remaja, korupsi, pelanggaran tata nilai dan norma, bencana alam dan problematika sosial, politik, ataupun kebudayaan. Setiap manusia menginginkan hidup secara harmonis, tenang dan damai terbebas dari berbagai masalah tersebut. Ilmu pengatahuan sudah selayaknya mempunyai andil dalam menyelesaikan setiap persoalan yang ada dalam masyarakat. Demikian halnya dengan ilmu sosiologi yang dituntut dapat berkontribusi dalam penyelesaian setiap problematika yang ada di tengah masyarakat.
Memang sosiologi bukanlah ilmu terapan seperti halnya ilmu pertanian, teknik dan keperawatan yang bisa langsung diterapkan dalam kehidupan nyata. Tetapi sosiologi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial yang mempeiajari gejala sosial yang bersifat murni. Yang dimak¬sud bersifat murni adalah sosiologi bukan ilmu yang siap diterapkan untuk memenuhi kebutuhan manusia secara langsung. Tetapi melalui kajian ilmu ini, para pembelajar diharapkan memiliki keahlian untuk mengembangkan ilmu ini sesuai dengan kebutuhan.
Jadi manfaat sosiologi dapat dirasakan oleh masyarakat secara tidak langsung, bukan secara langsung. Manfaat secara tidak langsung ini seperti halnya dirasakan melalui para ahli yang memahami persoalan sosial secara tepat sehingga mampu mendapatkan solusi yang tepat atas sebuah problem sosial. Sebab seringkali kita menemukan sebuah kebijakan publik yang dibuat oleh pemerintah ternyata tidak tepat. Hal ini disebabkan adanya pemahaman atau analisa yang keliru terhadap suatu problem sosial. Di sinilah setidaknya peranan dan manfaat sosiologi dalam kehidupan masyarakat.
Buku ini berisi tentang bagaimana sebenarnya ilmu sosiologi tersebut dalam kehidupan masyarakat. Terutama kontribusinya dalam menghadapi problem  sosial.  Manfaat  sosiologi  dalam  kehidupan  masyarakat  akan lebih terlihat ketika sosiologi dikaitkan dengan bidang kajian lain, seperti sosiologi pendidikan, sosiologi politik, sosiologi ekonomi dan sosiologi budaya. Harapannya, sosiologi tidak hanya sekedar ilmu yang tidak memiliki kontribusi terhadap kehidupan masyarakat. Akan tetapi menjadi ilmu yang memiliki kontribusi terhadap perikehidupan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Selamat membaca. (Budiharjo, dalam pengantar bukunya)

Identitas Buku
Judul               : Sosiologi Dalam Kehidupan Masyarakat
Penulis             : Budiharjo
Penerbit           : Samudra Biru, Yogyakarta
Cetakan           : I, Juni 2015
Dimensi           : viii + 178 hlm, 16 x 24 cm 


Komentar