Pengajaran Bahasa Indonesia di Tiongkok

https://1.bp.blogspot.com/-1JzlKHTpdJU/WQKuCZLJPxI/AAAAAAAAA_Q/_A2DUSdXjYs7MnyRisebSy3cil_Hx9b8wCLcB/s72-c/Bahas%2Bindo%2Bdi%2Btiongkok_2.jpg click to zoom
Ditambahkan 19.52
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp. @ B uku ini merupakan bunga rampai tulisan saya tentang pengajaran Bahasa Indonesia di Republik Rakya...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Pengajaran Bahasa Indonesia di Tiongkok




















Rp. @

Buku ini merupakan bunga rampai tulisan saya tentang pengajaran Bahasa Indonesia di Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atau lebih dikenal Tiongkok (d/h Republik Rakyat Cina, RRC). Ada delapan tulisan yang tersaji di dalam buku ini. Sebagian tulisan itu telah saya presentasikan dalam seminar/ konferensi tingkat nasional dan internasional, dan sebagian lainnya telah saya publikasikan melalui jurnal ilmiah dan prosiding seminar.
Penyusunan buku ini tidak terlepas dari faktor pengalaman saya bertugas sebagai dosen tamu di Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Kajian Bahasa dan Budaya Asia Tenggara, Universitas Kebangsaan Guangxi (Guangxi University for Nationalities/ GXUN), Tiongkok, selama dua tahun, sejak November 2013-Juli 2015. Selama bertugas di sana, saya aktif mengajar, membimbing penulisan skripsi, dan berinteraksi dengan sejumlah ahli Indonesia, baik secara langsung maupun tidak langsung, antara lain, Associate Professor Yang Xiaoqiang, Ph.D, (Dekan Fakultas Kajian ASEAN GXUN), Professor Zhang Yu’an (Guru Besar Kajian Bahasa Indonesia-Melayu Universitas Peking), Wang Feiyu, M.A. (Kepala Jurusan Bahasa Indonesia Universitas Bahasa-bahasa Asing Beijing/BFSU), Xiao Lixian, M.A. (Dosen Jurusan Bahasa Indonesia Universitas Bahasa-bahasa Asing Guangdong/GDUFS), Han Yanyan, M.A. (Kepala Jurusan Bahasa Indonesia GXUN), Wei Zhong Fulin, M.A. (Dosen Jurusan Bahasa Indonesia GXUN), Chen Cheng, M.A. (Dosen Jurusan Bahasa Indonesia GXUN), Yang Junchu (Dosen Jurusan Bahasa Indonesia Fakultas Pendidikan Internasional GXUN), dan Tang Yanyi, M.A. (Dosen Jurusan Bahasa Indonesia Universitas Xiangsihu). Ucapan terima kasih secara tulus saya sampaikan kepada para ahli Indonesia seperti yang disebutkan di atas.
Ucapan terima kasih saya tujukan pula kepada Rektor UAD, Dr. Kasiyarno, M.Hum.; Wakil Rektor IV UAD, Prof. Sarbiran, Ph.D; Kepala KUI UAD, Ida Puspita, M.A. Res.; Dekan FKIP UAD Dr. Trikinasih Handayani, M.Si., dan Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD, Dra. Triwati Rahayu, M.Hum.
Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada seluruh mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia GXUN, khususnya dari angkatan tahun 2011, 2012, 2013, dan 2014. Semoga ilmu bahasa dan budaya Indonesia yang saya sampaikan di kelas bermanfaat bagi kehidupan Anda di masa mendatang. Ucapan serupa juga saya sampaikan kepada seluruh teman asal Indonesia di Kota Nanning, baik yang tergabung di IFC, PPIT Nanning, maupun IMKI, semoga kalian tetap sehat walafiat dan sukses, serta selalu dalam lindungan Allah Swt.
Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada Bapak Chaerun Anwar, Kepala Atase Pendidikan KBRI Beijing (2010-2014)  beserta  istri;  Bapak  Priyanto  Wibowo,  Kepala Atase Pendidikan KBRI Beijing (2014-2018); Bapak Priyono, staf Atase Pendidikan KBRI Beijing; Bapak Herbhayu A. Noerlambang, B.Sc, MEID Konsul Bidang Sosial dan Budaya KJRI Guangzhou. Secara khusus dan tulus, saya sampaikan ucapan terima kasih kepada Ibunda saya tercinta, Ibu Kadarmi, yang telah mengizinkan anak sulungnya ini pergi ke luar negeri demi tugas institusi;  dua  adik  saya  terhebat,  Adde  Feriyanto  (Adi)  dan Ary Gunawan Toro (Ary), yang telah merawat Ibu dan rumah di Bekasi; istri saya tercinta, Jauharotul Farida, S.Pd.Si, yang telah mendampingi saya bertugas di Kota Nanning; dan anak saya tersayang, Aliya Niswatul Karimah, yang terus-menerus menjadi inspirator bagi saya untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. 
Terakhir,  ucapan  terima  kasih  saya  sampaikan  kepada pembaca budiman yang telah membaca buku ini. Sekecil apa pun pengetahuan yang diperoleh dari buku ini, saya berharap semoga itu bermanfaat bagi Anda. Sebaliknya sekecil apa pun kekurangan  di  buku  ini, saya  berharap  pula  semoga  Anda berkenan menyampaikannya demi perbaikan buku ini di masa-masa mendatang. (Sudaryanto, M.Pd, dalam pengantar bukunya)

Identitas Buku
Judul               : Pengajaran  Bahasa Indonesia di Tiongkok
Penulis            : Sudaryanto,   M.Pd.
Penerbit          : Samudra Biru, Yogyakarta
Cetakan          : I, April 2016
Dimensi          : viii + 110 hlm.; 15 x 23 cm 


Komentar