Pendidikan Karakter Bangsa (Membangun Karakter Bangsa)

https://3.bp.blogspot.com/-BtCI6od5dgQ/WQBZqU-oO_I/AAAAAAAAA98/KEiYYN9EPFIy0G8XXR29Vd7fMOqLFcL_wCLcB/s72-c/17.%2BPendidikan%2BKarakter%2BBangsa_IV230_2x.jpg click to zoom
Ditambahkan 01.34
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp. 50.000 @ Puji syukur ke hadirat Allah, karena atas segala rahmat dan kasih sayang-Nya, penyusunan buku ini dapat te...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Pendidikan Karakter Bangsa (Membangun Karakter Bangsa)

Rp. 50.000 @

Puji syukur ke hadirat Allah, karena atas segala rahmat dan kasih sayang-Nya, penyusunan buku ini dapat terwujud dengan lancar dan diiringi dengan kemudahan-kemudahan dari-Nya. Tanpa bantuan dari-Nya, mustahil buku ini dapat terwujud di hadapan sidang pembaca. Semoga, kehadiran buku ini mampu memberikan angin segar bagi dunia pendidikan yang sedang mendambakan pendidikan karakter untuk membentuk insan intelektual yang good and smart. Kehadiran buku berjudul Pendidikan Karakter Bangsa (Membangun Karakter Bangsa) ini diharapkan dapat menambah referensi buku- buku pendidikan karakter yang sudah ada sebelumnya.
Pendidikan karakter merupakan suatu hal yang sangat penting dalam  membangun  bangsa  yang  beradab  dan  bermartabat,  baik di mata Tuhan, dunia internasional, dan manusia. Krisis karakter kebangsaan yang kini semakin mewabah di kalangan generasi muda, bahkan generasi sebelumnya semakin melahirkan keprihatinan demi keprihatinan. Setiap harinya, media massa terus dibanjiri dengan berita-berita kejahatan, pembunuhan, meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak, remaja, perempuan,   dan lain sebagainya. Kita semakin sadar, bahwa kini nilai-nilai Pancasila yang luhur perlahan mulai tersisihkan.
Krisis moral menyebabkan bangsa seolah terjajah oleh penyakit moral bangsa. Jika sudah demikian, tidak ada penawar yang paling ampuh kecuali berpulang pada Pancasila, sumber nilai-nilai kebaikan dan keluhuran bangsa. Seandainya Pancasila diaktualisasikan dalam perilaku hidup keseharian, tentu bangsa ini akan menjadi bangsa yang harmonis, bersatu di atas banyak perbedaan, dan mampu menjadi bangsa beradab di mata dunia. Dan, itulah kemerdekaan yang sesungguhnya
Krisis moral yang telah merampas hak anak-anak untuk mendapatkan lingkungan terbaik untuk tumbuh dan berkembang merupakan sebuah tanda bahwa bangku sekolah belum mampu mencetak kader bangsa yang tangguh secara mental dan intelektual. Terlebih,  orang-orang  dewasa  juga  mengajarkan  teladan  buruk pada anak, semisal pada kasus perselingkuhan, korupsi, kekerasan, dan lain sebagainya. Dunia pendidikan pun semakin sadar bahwa mengajarkan budi pekerti dalam bentuk teks-teks saja tidak akan mampu menggerakkan pertumbuhan moral yang diharapkan.
Kesinambungan dari kekecewaan demi kekecewaan itu, di sisi lain melahirkan pemikiran bahwa pendidikan karakter di sekolah perlu dilangsungkan secara intens. Bahkan, tidak hanya di sekolah, lingkungan rumah sesungguhnya merupakan tempat yang paling efektif untuk menanamkan pendidikan karakter. Hal ini sebagaimana adagium yang sangat populer, bahwa rumah merupakan sekolah pertama bagi anak. Di dalamnya, anak-anak akan berproses, mengamati,  meniru,  dan  membiasakan  diri  untuk  membentuk sikap-sikap, watak, dan karakter tertentu. Oleh karena itu, orang tua hendaknya menjadi guru bagi anak dalam hal kepribadian dan pembentukan karakter.
Berbagai upaya untuk membentuk karakter kebangsaan pada generasi Indonesia disajikan dalam buku ini dengan mengacu pada kajian filsafat, psikologi, ilmu manajemen, agama, budaya, dan sosial. Kajian mengenai karakter juga dikaitkan langsung dengan praktik kehidupan moral. Harapannya, buku ini memiliki nilai aplikatif dalam dunia pendidikan, baik formal atau informal. Pada muaranya, diharapkan akan lahir generasi bangsa yang memiliki karakter yang tangguh dan hebat, sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila.
Secara sistematis, buku ini menguraikan tentang urgensi pendidikan karakter, tahapan formal pendidikan karakter, keluarga sebagai pionir pendidikan karakter, peran sekolah dalam pendidikan karakter, dan merawat pendidikan karakter di Indonesia. Di dalam masing-masing uraian, terdapat sub bab pembahasan yang semoga dapat memperkaya paradigma pembaca mengenai penerapan pendidikan karakter di Indonesia. Dengan menyelami buku ini, semoga pencerahan dan tekad untuk menjadi pendidik (karakter) bagi generasi bangsa semakin menguat.
Selanjutnya,  penulis  menyadari  bahwa  proses  penyusunan buku ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak yang telah memberikan kontribusi pemikiran sehingga buku ini dapat hadir dan mewarnai sketsa pendidikan karakter di Indonesia. Untuk itu, penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mencurahkan  waktu,  tenaga,  dan  doa.  Semoga Allah berkenan membalas kebaikan tersebut dengan limpahan pahala, kemudahan, bantuan, dan karunia-Nya. Semoga buku ini mampu memberikan manfaat terbaik kepada sidang pembaca, sehingga pendidikan karakter di Indonesia semakin kukuh eksistensinya.
Penyusunan buku ini tentu saja masih sangat jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang konstruktif dan inspiratif sangat dinantikan. Akhir kata, semoga buku ini dapat memberikan kemanfaatan. Selamat membaca. (Budiharjo, dalam pengantar bukunya)
Identitas Buku
Judul               : Pendidikan Karakter Bangsa (Membangun Karakter Bangsa)
Penulis             : Budiharjo
Penerbit           : Samudra Biru, Yogyakarta
Cetakan           : I, Oktober 2015

Dimensi           : ix + hlm.; 16x 24 cm


Komentar