Direktori Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Maluku Utara Periode 2014-2019

https://2.bp.blogspot.com/-E-zRZsF4GAU/WOyU8qyE98I/AAAAAAAAA9c/9xy3APSzzjECwm1mKOAtZ0epfisLnH6IACLcB/s72-c/Cover%2BDirektori%2BDPRD%2BMaluku%2BUtara.jpg click to zoom
Ditambahkan 01.36
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp.  @         Segala puja-puji hanya untuk Allah, SWT, Tuhan yang Maha Kuasa, karena atas rahmatNya jualah penerbit...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Direktori Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Maluku Utara Periode 2014-2019




















Rp.  @

        Segala puja-puji hanya untuk Allah, SWT, Tuhan yang Maha Kuasa, karena atas rahmatNya jualah penerbitan buku “Direktori DPRD Provinsi Maluku Utara Periode 2014-2019” edisi revisi bisa terwujud.
Perlu diketahui, bahwa buku Direktori DPRD Provinsi Maluku Utara yang hadir di hadapan pembaca ini adalah edisi revisi tehadap buku Direktori sebelumnya. Edisi revisi ini diterbitkan karena ada kurang lebih 9 orang anggota DPRD Provinsi Maluku Utara hasil dari mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW) yang duduk mewakili masyarakat dan tersebar hampir di semua daerah pemilihan. Mekanisme PAW ini dila- kukan karena rata-rata anggota dewan yang maju menjadi calon Kepala Daerah Kabupaten/Kota harus mundur sesuai dengan aturan perundang- undangan yang berlaku. Sementara PAW yang lainnya dilakukan karena anggota dewan yang bersangkutan berhalangan tetap atau wafat.
Meskipun dengan deadline waktu yang begitu singkat, yaitu kurang lebih sebulan. Bisa disebut bahwa penerbitan buku ini, “kejar tayang”. Disebut “kejar tayang” karena penerbitannya diupayakan bersamaan dengan momentum acara Hari Ulang Tahun DPRD provinsi Maluku Utara yang akan datang. Ini sesuai hasil riset tim peneliti sejarah DPRD Provinsi Maluku Utara, di mana pengambilan sumpah dan janji Anggota Dewan pertama dilakukan, setelah lepas dari Provinsi Maluku yakni pada tanggal 19 Januari 2001 (lihat buku; Kronika Perjalanan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Maluku Utara, UMMU press, 2016)
Buku Direktori DPRD Provinsi Maluku Utara periode 2014-2019 ini,  memuatentang  sekilas  sejarah  tentang  DPRD  ProvinsMaluku Utara dan pembentukan Provinsi Maluku Utara serta Sekretariat DPRD Provinsi Maluku Utara. Di bagian lain memuat tentang prof il para anggota DPRD Provinsi Maluku Utara yang dibuat dalam bentuk narasi deskriptif berisikan tentang kehidupan life story para anggota dewan yang berkantor di gedung Tuan Guru Qadi Abd. Salam, Sofifi.
Point penting yang ingin disampaikan dalam penulisan profil anggota DPRD Provinsi Maluku Utara, agar masyarakat bisa mengetahui lebih banyak tentang wakil mereka di lembaga legislatif daerah. Setidaknya memberikan  informasi  bahwa,  para  wakil  rakyat  yang  mereka  pilih juga berasal dari rakyat, kehidupannya seperti rakyat pada umumnya, berjuang untuk kepentingan rakyat dan suatu saat akan kembali menjadi rakyat.  Para  wakil  rakyat  kebetulan  dititipi  amanah dari  rakyat  dan dari Tuhan. Sehingga ketika ada wakil rakyat yang tidak sesuai dengan aspirasi rakyat, rakyatlah yang akan “mengontrol” mereka dan turut “mengingatkan” mereka untuk kembali kepada khittah kontrak sosial dan kontrak politik sebagai wakil rakyat.
Secara akademis, metodologi penulisan direktori DPRD Provinsi Maluku Utara periode 2014-2019 ini, memang masih jauh panggang dari api. Sumber data yang dipakai lebih bersifat sekunder karena berbasis data terutama dari pihak-pihak terkait. Sumber data primer khususnya yang menyangkut dengan prof il anggota DPRD diperoleh dari hasil interview atau wawancara yang bersifat indeep interview. Oleh karena itu diperlukan banyak saran dan kritikan dari kehadiran buku ini. Saran dan kritik diperlukan untuk lebih memboboti buku direktori di kemudian hari.
Penerbitan buku direktori ini tidak lepas dari campur tangan banyak pihak, terutama para Kepala Bagian dan Staf di Sekretariat DPRD Provinsi Maluku Utara, begitu juga para anggota DPRD Provinsi Maluku Utara periode 2014-2019, yang mau meluangkan waktu untuk “berbagi cerita” meskipun di tengah-tengah aktivitas yang padat. Untuk itu salam takzim dan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya penulis sampaikan.
Yang terakhir tapi yang utama, ucapan terima kasih yang tulus penulis sampaikan kepada keluarga yang turut menciptakan suasana harmoni dan suasana kebatinan yang menyejukkan dan mau memberikan ruang pengertian bagi penulis untuk menuntaskan penulisan buku ini. Semoga buku direktori ini bisa menjadi sumber data dan informasi bagi masyarakat Maluku Utara. (Abubakar Abdullah & Irmon Machmud dalam pengantar bukunya)

Identitas Buku
Judul               : Direktori DPRD Provinsi Maluku Utara Periode 2014-2019
Penulis             : Abubakar Abdullah & Irmon Machmud
Penerbit           : Samudra Biru untuk Sekretariat DPRD Provinsi Maluku Utara
Cetakan           : Edisi revisi, September 2016





Komentar