Daftar Resensi Buku Terbitan Samudra Biru di Media Massa

https://4.bp.blogspot.com/-uf0kbZr3biw/WOsqIABm4RI/AAAAAAAAA7E/4mtQCb7arM83gZxpKACMA6B64EuKrZNqACLcB/s72-c/Untitled-1%2B-%2BCopy.png click to zoom
Ditambahkan 23.53
Kategori Artikel
Harga @ Resensi Buku "Pemikiran Pendidikan Islam Soekarno" di Harian Seputar Indonesia (Sindo) Bentuk apresiasi terhadap b...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Daftar Resensi Buku Terbitan Samudra Biru di Media Massa


@
Resensi Buku "Pemikiran Pendidikan Islam Soekarno" di Harian Seputar Indonesia (Sindo)



Bentuk apresiasi terhadap buku dapat diekspresikan melalui berbagai hal. Selain dengan membeli buku tersebut tentunya, apresiasi terhadap buku dapat berupa penulisan resensi terkait buku tersebut dengan penayangan di media massa baik cetak maupun online. Melalui penayangan resensi di media massa, secara tidak langsung resensator telah ikut mempromosikan buku tersebut karena telah memberikan ulasan mendetail terkait buku yang diresensi.
Terdapat beberapa judul buku hasil terbitan Samudra Biru yang berkesempatan untuk ditayangkan resensinya di berbagai media massa. Pertama adalah buku dengan judul Pemikiran Pendidikan Islam Soekarno. Buku tersebut ditulis oleh Syamsul Kurniawan, S.Th.I, M.S.I yang merupakan dosen tetap IAIN Pontianak dengan tebal 166 halaman. Sedangkan untuk resensi dari buku tersebut ditulis oleh Benni Setiawan yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi UNY dan ditayangkan di Surat Kabar Seputar Indonesia (SINDO) bertanggal 15 Mei 2016.

Dalam resensinya, Benni setiawan mengungkapkan bahwa Syamsul Kurniawan mencoba membaca Soekarno dalam posisi sebagai pemikiran keislaman. Soekarno tidak sekedar pemikir kebangsaan (nasionalis), namun ia memiliki sisi keislaman yang cukup menonjol. Ia ingin menyegarkan ingatan bangsa Indonesia bahwa di Timur Tengah, Soekarno dikagumi sebagai seorang pemimpin muslim kharismatik karena kecemerlangan dalam membaca narasi besar tentang Islam. Kemudian diakhir resensinya Benni setiawan juga mengungkapkan bahwa buku ini seakan ingin mengisi beberapa kekosongan literatur dalam memandang sosok Bapak Bangsa Soekarno dalam kaitan dengan proyek pemikiran Islamnya. Selengkapnya mengenai resensi buku ini dapat diklik disini.
Kedua adalah buku karya dari Sudaryanto, MPd dengan judul Mensyukuri Bahasa Indonesia. Buku tersebut diterbitkan oleh Samudra Biru pada bulan Desember 2016 dengan tebal 100 halaman. Sedangkan untuk resensi buku ini ditulis oleh Anand Firmansyah dan diterbitkan Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat dengan tema Bahasa Indonesia dan Jati Diri Bangsa.
Resensi Buku "Mensyukuri Bahasa Indonesia" di Harian Kedaulatan Rakyat
Dalam resensinya Anand Firmansyah mengungkapkan bahwa buku karya Sudaryanto ini merupakan kolom-kolom bahasa dari penulis yang sebagian besar telah dipublikasikan di koran Kedaulatan Rakyat. Melalui buku inilah, penulis menyampaikan tentang betapa pentingnya mensyukuri Bahasa Indonesia. Sebab, Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi negara sampai dengan sekarang sebagaimana tertuang dalam pasal 36 UUD 1945 Pasal 25 ayat (3) UU Nomor 24 tahun 2009.

Lebih lanjut resensator dalam buku ini mengungkapkan bahwa keunggulan dari buku ini terdapat dalam upaya evaluasi penulis tentang belum maksimalnya penggunaan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Solusi yang diberikan penulis adalah mensyukuri bahasa indonesia dan memperhatikan eksistensi bahasa daerah. Dan diakhir resensinya Anand Firmansyah mengajak sebagai warga negara yang baik, sudah sepantasnya kita menjunjung tinggi bahasa indonesia dan menjaga eksistensi bahasa daerah. Sebab, Bahasa Indonesia adalah jati diri bangsa.


Komentar