BANK SYARIAH: Analisis Yurudis Penerapan Prinsip-prinsip Syariah dan Good Corporate Governance

https://4.bp.blogspot.com/-rl3QcdxGsCg/WQK4gILpPMI/AAAAAAAAA_0/vUmWpqCcjs43ksPKY5VycPwtUdRf3Hs_wCLcB/s72-c/Cover%2BBank%2BSyariah_Convert.jpg click to zoom
Ditambahkan 20.37
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp.  30.000 @ A khi r -akhir ini per b ankan syariah menda p atkan t em p at yang   b aik   di   hati   masyar...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review BANK SYARIAH: Analisis Yurudis Penerapan Prinsip-prinsip Syariah dan Good Corporate Governance





















Rp.  30.000 @

Akhir-akhir ini perbankan syariah mendapatkan tempat yang  baik  di  hati  masyarakat.  Hal ini  disebabkan semakin  meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mendapatkan pelayanan jasa keuangan yang berbasis syariah. Sehingga tidak heran apabila keberadaan bank syariah mulai menjamur  di  mana-mana.  Keberadaan  bank  syariah  telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat.
Seiring dengan perkembangan bank syariah tersebut, diperlukan dukungan perundang-undangan yang dapat memayunginya secara yuridis. Terkait ini lahirlah UU No 21 tahun  2008 tentanPerbankaSyariah.  UU  ini  mengatur jenis usaha, ketentuan pelaksanaan syariah, kelayakan usaha, penyaluran dana, dan larangan bagi Bank Syariah maupun UUS yang merupakan bagian dari Bank Umum Konvensional.
Keberadaan UU ini memang patut disambut baik, sebab dapat menjadi payung hukum keberadaan bank syariah. Sebab bank syariah seakan-akan berada di persimpangan. Di satu sisi harus menjalankan prinsip-prinsip syariah, dan di sisi yang lain harus dapat menjalankan prinsip-prinsip perusahaan secara umum seperti Good Corporate Governance (GCG). Apakah kedua prinsip ini dapat diterapkan pada bank syariah? Atau justru mempunyai kesesuaian? Inilah yang dibahas dalam buku ini.
Prinsip syariah adalah aturan perjanjiaberdasarkahukum Islam antara bank dan pihak lain. Misalnya kegiatan usahyang tidak mengandung unsur-unsur riba, maisir, gharar, haram, dan zalim. Menggunakan system antara antara lain pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil (mudharabah), pembiayaan berdasarkan prinsip penyertaan modal (musyarakah), prinsip jual beli barang dengan memperolah keuntungan (murabahah), atau pembiayaan barang modal berdasarkan prinsip sewa  murni tanpa pilihan (ijarah), atau dengan adanya pilihan pemindahan kepemilikan atas barang yang disewa dari pihak bank oleh pihak lain (ijarah wa iqtina).
Di pihak lain prinsip GCG merupakan kebutuhan bagi perbankan syariah. Pelaksanaan GCG sendiri pada industri perbankan syariah harus berlandaskan pada lima prinsip dasar sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang No 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Pertama, transparansi (transparency), Kedua, akuntabilitas (accountability). Ketiga, pertanggungjawaban (responsibility). Keempat, profesional (professional). Kelima, kewajaran (fairness). Buku ini menganalisis secara yuridis bagaimana penerapan prinsip-prinsip syariah dan GCG dalam perbankan syariah tersebut. Selamat membaca! (Siti Aisyah, dalam pengantar bukunya)

Identitas Buku
Judul      : BANK SYARIAH: Analisis Yurudis Penerapan Prinsip-prinsip Syariah dan Good Corporate Governance
Penulis         : Siti Aisyah
Penerbit       : Samudra Biru Yogyakarta
Cetakan       : I, Juli 2016
Dimensi       :  viii + 104 hlm.; 15.5 x 23 cm


Komentar