Indeks Kinerja Sekolah: Konsep dan Aplikasi Pengukuran Kemandirian Mutu dan Inovasi Pengelolaan Sekolah

Rp. 30.000 @

Alhamdulillah, Puji dan Syukur ke hadiratIlahi Robbi kami panjatkan atas segala rakhmat dan ka- runia-Nya  sehingga  buku  ini  dapat  terselesaikan dan hadir di hadapan pembaca. Buku ini merupakan sajian laporan penelitiandengan judul Pengemban- gan Instrumen Indeks Kinerja Sekolah (IKS) untuk Meningkatkan Sinergitas Kemandirian Mutu dan Inovasi Pengelolaan Sekolah dan merupakan pene- litian yang penulis lakukan di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melalui pembiayaan Dana Penda- patan Negara Bukan Pajak (PNBP) /Badan layanan Umum (BLU) Lembaga Penelitan (Lemlit) UNG Tahun Anggaran 2015 pada skim Penelitian Berorien- tasi Pengemba-ngan Produk (PBPP).
Secara umum, penelitian ini dilakukan untuk menyusun dan mengembangkan instrumen Indeks Kinerja Sekolah (IKS) / School Performance Index (SPI) yang akan digunakan untukmenilai pencapaian kinerja sekolah. Dengan pengembangan dan implementasi instrumen Indeks Kinerja Sekolah diharapkan mam- pumeningkatkan sinergitas kemandirian mutu dan inovasi pengelolaan sekolah.
Terdapat empat perspektif utama yang tercakup dalam penelitian ini, yaitu: pertama, mendeskripsikan dan memetakan mekanisme penilaiankinerja sekolah yang dilakukan di sekolah. Kedua,mendesain konsep dan mengembangkan Indeks Kinerja Sekolah sebagai instrumen untuk mengukur kinerja sekolah secara menyeluruh. Ketiga, merumuskan dan implementasi instrumen baik pada sekolah uji coba maupun sekolah lainnya. Perspektif keempatyang akan dicapaidalam penelitian ini adalah menganalisis kemanfaatan in- strumen khususnya dalam pengembangan sekolah.
Laporan penelitian dalam bentuk buku ini secara khusus mendeskripsikan hasil penelitian tentang draft awal instrumen penilaian kinerja sekolahyang telah dikembangkan oleh peneliti. Pengembangan Instrumen Indeks KinerjaSekolah (IKS) ini dilakukan melalui kajian pustaka/literatur dan hasil observasi, wawancara dengan dua sekolah sampel. Hasil pe- nelitian ini masih berupa draft awal yang perlu dikembangkan lebih lanjut berdasarkan hasil temuan lapangan selama pelaksanaan penelitian. Penelitian ini telah menghasilkan draft awal Instrumen Indeks Kinerja Sekolah (IKS) melalui penyesuaian terhadap instrumen yang selama ini digunakan oleh sekolah dalam menilai kinerja mereka ditambah dengan beberapa instrumen kinerja: Draft awal IKS ini memuat sebanyak dengan jumlah item pertanyaan sebanyak 193 item pertanyaan mencakup9 aspek dan 31 indikator indeks kinerja sekolah.
Perampungan  penulisan  buku  dan  kegiatan penelitian ini tentu saja tidak lepas dari dukungan berbagai  pihak.  Untuk  itu,  ijinkan  penulis dengan penuh kerendahan hati mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada : 
1.         Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd,   Rektor Universitas Negeri Gorontaloyang telah membe- rikan kesempatan kepada penelitiuntuk mengem- bangkan kompetensi dan skill research melalui kegiatan penelitian.
2.         Prof. Dr. Abd, Kadim Masaong, M.Pd, Ketua Lembaga Penelitian Universitas Negeri Gorontalo yang selalu memberikan motivasi demi terlak- sananya kegiatan penelitian ini, sekaligusmen- dorong penulisan/penerbitan laporan ini dalam bentuk buku.
3.         Dr.   Wenny   Hulukati,   M.Pd,   Dekan   Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo yang senantiasa memotivasi tim peneliti dalam meningkatkan kinerja.
4.         Semua pihak yang telah membantupelaksanaan penelitian ini yang tidak dapat disebutkan satu persatu melalui kesempatan ini.
Semoga buku yang merangkum hasil penelitian ini dapat memberi kontribusi bagi pengembangan dunia  pendidikan,  khsusunya  peningkatan  mutu dan inovasi sekolah melalui penilaiankinerja dengan menggunakan kerangka kerja (framework)   Indeks Kinerja Sekolah(IKS) yang telah dikembangkan melalui penelitian ini. (Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc, dalam pengantar bukunya)
Identitas Buku
Judul               : Indeks Kinerja Sekolah
Penulis            : Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc
Penerbit           : Samudra Biru, Yogyakarta
Cetakan           : I, November 2016
Dimensi           : xviii + 174 hlm.; 14 x 21 cm