Metodologi Penelitian Kualitatif

https://4.bp.blogspot.com/-phCVcq3mogs/WA2rWGuGARI/AAAAAAAAA0g/nXEcK5-bOt8tFh9QMCPWGLlSm7hXW_HtgCLcB/s72-c/Metopen%2BWeb.jpg click to zoom
Ditambahkan 23.37
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp 80.000 @ Buku ini merupakan buku pengantar metode penelitian kualitatif yang disusun dalam rangka memenuhi kebutuh...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Metodologi Penelitian Kualitatif




















Rp 80.000 @

Buku ini merupakan buku pengantar metode penelitian kualitatif yang disusun dalam rangka memenuhi kebutuhan mahasiswa pada jenjang program sarjana dan pascasarjana di bidang ilmu sosial dan humaniora dalam memahami penelitian kualitatif untuk membuat tugas akhir. Ketersediaan buku yang membahas tentang penelitian kualitatif selama ini masih dirasa kurang oleh mahasiswa, terutama yang praktis dan mudah difahami untuk diaplikasikan. Kalaupun ada kebanyakan buku yang membahas penelitian kualitatif disajikan secara terpisah untuk masing-masing jenis penelitian kualitatif.

Pembahasan buku ini disajikan secara sistimatis dan komprehensif yang mencakup lima aspek kemampuan yang harus dikuasai dalam perkuliahan metode penelitian kualitatif. Untuk mengetahui makna filosofis dan sejarah penelitian kualitatif, maka dibahas ke dalam dua bab yakni urgensi penelitian kualitatif dan karakteristik penelitian kualitatif. Untuk menambah wawasan mahasiswa tentang paradigma penelitian maka disajikan bab tentang metode penelitian campuran (mixed methode). Untuk meningkatkan variasi penelitian kualitatif, maka dibahas dalam enam bab yakni penelitian historis, penelitian kritis, penelitian etnografi, penelitian dokumen, penelitian kebijakan, dan penelitian konsep (pustaka). Untuk teknis pembuatan rancangan proposal disajikan dalam empat bab yakni obyek penelitian kualitattif, rancangan proposal penelitian kualitatif, rumusan masalah, dan tahapan penelitian kualitatif. Untuk meningkatkan kemampuan dalam pengumpulan data pada penelitian kualitatif, maka disajikan empat bab tentang metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan focus group discussion. Untuk membekali kemampuan dalam menganalisa data, maka disajikan dua bab yang terkait dengan pengenalan terhadap data kualitatif dan analisa data kualitatif.

Perdebatan paradigmatik dalam konteks teori-teori ilmu sosial tentang kelebihan dan kekurangan penelitian kualitatif dan kuantitatif sampai saat ini masih berlangsung, meskipun di beberapa tempat sudah mulai ada upaya untuk memadukannya baik secara sintesis maupun eklektis. Kini mulai tumbuh adanya kesadaran tidak lagi hanya menggunakan pendekatan metodologis yang secara kaku memilih satu pendekatan metodologis semata, karena pada aspek proses tetap dibutuhkan analisa kualitatif, sedangkan pada aspek hasil atau produk sebagai pembuktian tetap dibutuhkan analisa kuantitatif. Kesadaran ini juga dipengaruhi oleh dampak dari adanya penerapan paradigma metodologis yang kaku yang justru melahirkan polarisasi diantara kedua jenis penelitian tersebut.
Buku ini diharapkan bisa mengantarkan untuk menjembatani dampak polarisasi studi-studi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Persilangan antara paradigma penelitian kualitatif dan kuantitatif akan menghasilkan pendekatan metodologis yang eklektik. Bahkan pendekatan-pendekatan kualitatif dibanding kuantitatif, makin mendominasi karya-karya studi mahasiswa di bidang ilmu sosial dan humaniora. Bahkan kini sudah muncul keyakinan di kalangan ilmuwan-ilmuwan eksakta bahwa pendekatan kualitatif sangat dibutuhkan dalam mendiskripsikan proses analisis terhadap realitas sosial masyarakat.

Melalui peningkatan pemahaman terhadap konsep, prinsip dan aplikasi metodologi penelitian kualitatif akan dapat memberikan kontribusi terhadap upaya menghilangkan polarisasi dalam penelitian. Meskipun harus disadari buku ini sesungguhnya merupakan pemahaman awal yang berasal dari kumpulan materi perkuliahan metode penelitian kualitatif, yang bahan-bahannya banyak diambil dari berbagai literatur kuliah, yang antara satu literatur dengan literature yang lainnnya tidak selalu sama dimensinya.

Tujuan kompetensi pembelajaran metode penelitian kualitatif adalah untuk mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan kaidah tata cara serta etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan tugas akhir. Setelah mengikuti pembelajaran metode penelitian kualitatif, diharapkan mahasiswa mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keilmuan yang ditekuninya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data yang diperoleh.

Untuk mencapai kompetensi di atas, pembelajaran metode penelitian kualitatif dirancang berbasis pada pendekatan saintifik yakni proses pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengomunikasi hasil. Diharapkan dengan proses saintifik tersebut, mahasiswa memiliki kemampuan tingkat tinggi yakni kreativitas, sebagai bekal bagi kehidupannya kelak. Para mahasiswa secara aktif diajak untuk menelusuri, menanya, menggali informasi, membangun argumentasi, dan mengomunikasikan kembali sesuai dengan kajian yang dipelajari. Para dosen pengampu metode penelitian dapat secara kreatif mengembangkan proses ilmiah ini melalui beragam metode atau model pembelajaran yang menarik, menantang, dan menyenangkan.

Buku ini dianggap sebagai “dokumen hidup” yang senantiasa secara terus menerus dapat diperbaiki dan disempurnakan di masa depan. Untuk itu penulis sangat mengharapkan masukan, komentar, dan revisi dari berbagai pihak guna kesempurnaannya. Atas kontribusi berbagai pihak, kami mengucapkan terimakasih. (Pengantar Penulis dalam Bukunya)

INDENTITAS BUKU
Penulis : Akif Khilmiyah
Penerbit : Samudra Biru
Cetakan : I, September 2016
Dimensi : 410 hlm, 16 x 24 cm



Komentar