Kepemimpinan Berkeadilan Gender

https://1.bp.blogspot.com/-Aye0JB1A2DA/V9ED-C9MqDI/AAAAAAAAAxE/kNuijGB24qga53tLk98Q_YNWtYs_OUPqACLcB/s72-c/Kepemimpinan%2BKeadilan%2BGender.jpg click to zoom
Ditambahkan 23.31
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp 00.000 @ Buku yang berjudul “Kepemimpinan Transformasional Berkeadilan Gender, Konsep dan Implementasi di Madrasah” menjadi salah sa...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Kepemimpinan Berkeadilan Gender

Rp 00.000 @

Buku yang berjudul “Kepemimpinan Transformasional Berkeadilan Gender, Konsep dan Implementasi di Madrasah” menjadi salah satu buku acuan dalam pengembangan peranan kepala sekolah di Madrasah. Buku ini bersumber dari laporan hasil penelitian Hibah Kompetitif Islam dan Gender yang berjudul” Pengembangan Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Berkeadilan Gender” yang merupakan penelitian hibah kompetitif dari Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2013.

Buku ini bertujuan untuk memperbaiki mutu layanan kepala sekolah kepada stakeholders, agar diperoleh kualitas pendidikan yang lebih baik. Buku ini sekaligus juga merupakan media sosialisasi pengetahuan kepada para manajer madrasah tentang perlunya mengubah gaya kepemimpinan dari kepemimpinan transaksional menjadi kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan transaksional, menempatkan kepala sekolah sebagai sosok yang dominan dalam menentukan kemajuan sekolah melalui sistem reward and punishment, sedangkan kepemimpinan transformasional menempatkan kepala sekolah sebagai peng-gerak seluruh staf akademik madrasah untuk maju bersama membesarkan institusi madrasah. Sehingga kemajuan madrasah merupakan tanggung jawab semua stakeholders madrasah. Tujuan lebih lanjut perlunya mengimplementasikan model kepemimpinan transformasional di madrasah agar dapat menciptakan iklim demokratis di madrasah. 

Melalui sistem demokratis tersebut akan terhindar dari praktik diskriminasi gender yang berdampak pada munculnya kasus-kasus ketidakadilan gender di madrasah. Kepala sekolah yang menerapkan kepemimpinan transformasional sekaligus akan terdorong untuk menjadi kepala sekolah yang efektif dengan menerapkan lima aspek kompetensi, yaitu kepribadian, sosial, manajerial, supervisi, dan kewirausahaan, serta mampu melakukan tiga tipe ideal kepemimpinan kepala sekolah yakni kepemimpinan yang berlandaskan religius, kepemimpinan yang berjiwa kewirausahaan dan kepemimpinan yang berorientasi pada peningkatan pembelajaran di madrasah.

Buku ini sangat baik untuk dibaca khalayak penggiat dan pemerhati pendidikan, baik dari unsur mahasiswa, akademisi, ahli pendidikan, serta praktisi pendidikan. Buku ini dirancang dan disajikan dengan sistematis, menggunakan bahasa yang sederhana, dan disesuaikan dengan realita praktik kepemimpinan pendidikan yang selama ini ada di sekitar kita. Mudah-mudahan buku ini dapat turut andil memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan mutu pendidikan madrasah di Indonesia.

Buku ini terbit atas bantuan banyak pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Dirjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, yang telah memberikan bantuan untuk terbitnya buku ini. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Dr. Giri Wiyono, M.T. selaku tenaga ahli di bidang manajemen pendidikan, yang telah berkenan memberikan kata pengantar untuk buku ini serta mengupas tuntas buku ini melalui acara bedah buku. Akhirnya, penulis menyadari bahwa buku ini tidaklah sempurna. Untuk itu penulis memohon kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian yang budiman. (Dinukil dari Pengantar bukunya)

Identitas Buku

Judul : Kepemimpinan Transformasional Berkeadilan Gender: 
Konsep dan Implementasi di Madrasah
Penerbit : Yogyakarta, Samudra Biru
Cetakan : Februari 2015
Dimensi Buku : xii + 142 hlm, 16 x 24 cm.
Penulis : Akif Khilmiyah
Tata letak : Maryono
Design Cover : Muttakhidul Fahmi





Komentar