Pendidikan Kewarganegaraan: Menuju Indonesia Berkemajuan

https://2.bp.blogspot.com/-U9c3dXJoniA/WA2Hmt4SoKI/AAAAAAAAA0Q/z5gxmtR-658gIsDb-6d80Av9erXRkYOKwCLcB/s72-c/PKN%2BWeb.jpg click to zoom
Ditambahkan 21.06
Kategori Percetakan Produk Reguler
Harga Rp 50.000 @ Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata kuliah yang dirancang untuk mengembangkan peserta didik (mahasi...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Pendidikan Kewarganegaraan: Menuju Indonesia Berkemajuan




















Rp 50.000 @

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata kuliah yang dirancang untuk mengembangkan peserta didik (mahasiswa) menjadi warga negara yang memiliki semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokratis dan bertanggung jawab yang dilandasi oleh nilai Pancasila, norma Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, semangat Bhinneka Tunggal Ika dan komitmen Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pembahasan buku ini disajikan secara utuh komprehensif mencakup empat konsensus tersebut dan ditambah tiga bab yang terkait hubungan Muhammadiyah dengan Negara Pancasila, Revitalisasi Visi dan Karakter Bangsa, dan Indonesia Berkemajuan. Aspek semangat kebangsaan dan cinta tanah air dikemas dalam kajian Hakkikat PKn, Wawasan Nusantara, Identitas Nasional, ketahanan Nasional, dan Integrasi Nasional. Untuk meningkatkan sikap demokratis, maka dikaji Hubungan Demokrasi dan Agama, Hubungan Agama dan Negara, Strategi Membangun Masyarakat Madani, dan Demokrasi dalam Keluarga. Guna melatih sikap bertanggungjawab maka dikaji tentang Pendidikan anti korupsi, Hak Azasi Manusia, Diskriminasi Gender, Otonomi Daerah, dan ekonomi kerakyatan. Aspek peningkatan kreativitas, maka dikaji kebijakan publik, dan Resolusi Konflik.

Kompetensi mata kuliah Pendidikan kewarganegaraan secara hardskills, mahasiswa dapat menguraikan, mengembangkan kepribadian Islami dan sikap demokratis dalam kehidupan. Mahasiswa diharapkan mampu berpartisipasi dan bertanggungjawab dalam kehidupan sosial dan politik, menjadi warga negara yang baik dan demokratis. Dan secara softskills, mahasiswa memiliki kemampuan untuk berfikir komprehenshif, analitis, dan kritis dalam mengembangkan budaya demokrasi.

Oleh karena itu, secara sadar dan terencana peserta didik sesuai dengan perkembangan psikologis dan konteks kehidupannya secara sistemik difasilitasi untuk belajar berkehidupan demokrasi secara utuh, yakni belajar tentang demokrasi (learning about democracy), belajar dalam iklim dan melalui proses demokrasi (learning through democracy), dan belajar untuk membangun demokrasi (learning for democracy).

Untuk itu pendidikan kewarganegaraan secara psikopedagogis/andragogis dan sosiokultural dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi dalam konteks pengembangkan kecerdasan kewarganegaraan (civic intelligence) yang secara psikososial tercermin dalam penguasaan pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), perwujudan sikap kewarganegaraan (civic dispositions), penampilan keterampilan kewarganegaraan (civic skills), pemilikan komitmen kewarganegaraan (civic committment), pemilikan keteguhan kewarganegaraan (civic confidence), dan penampilan kecakapan kewarganegaraan (civic competence) yang kesemua itu memancar dari dan mengkristal kembali menjadi kebajikan/keadaban kewarganegaraan (civic virtues/civility). Keseluruhan kemampuan itu merupakan pembekalan bagi setiap warganegara untuk secara sadar melakukan partisipasi kewarganegaraan (civic participation) sebagai perwujudan dari tanggung jawab kewarganegaraan (civic responsibility).

Untuk mencapai kompetensi di atas, pembelajaran PKn dirancang berbasiskan pada pendekatan saintifik yakni proses pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengomunikasi hasil. Diharapkan dengan proses saintifik tersebut, mahasiswa memiliki kemampuan tingkat tinggi yakni kreativitas, sebagai bekal bagi kehidupannya kelak. Buku ini sesuai dengan pendekatan di atas disusun sebagai buku berbasis aktivitas (activity book). Para mahasiswa secara aktif diajak untuk menelusuri, menanya, menggali informasi, membangun argumentasi, dan mengomunikasi kembali sesuai dengan kajian yang dipelajari. Para dosen pengampu dapat secara kreatif mengembangkan proses ilmiah ini melalui beragam metode atau model pembelajaran yang menarik, menantang, dan menyenangkan.

Buku ini dianggap sebagai “dokumen hidup” yang senantiasa secara terus menerus dapat diperbaiki dan disempurnakan di masa depan. Untuk itu penulis sangat mengharapkan masukan, komentar, dan revisi dari berbagai pihak guna kesempurnaannya. Atas kontribusi berbagai pihak, kami mengucapkan terimakasih. (Pengantar penulis dalam bukunya)

IDENTITAS BUKU
Nama Penulis: Akif Khilmiyah
Penerbit : Samudra Biru
Cetakan : I, Agustus 2016
Dimensi : 276 hlm, 16 x 24 cm


Komentar