Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Pendidikan Islam

Rp. @

Tiada  kata  yang  patut  dipanjatkan  kehadirat  Ilahi Rabbi, kecuali alunan rasa syukur atas segala karunia,nikmat dan petunjuk-Nya. Dengan pertolongan-Nya, penulis dapat menyelesaikan buku ini, setelah melalui proses yang cukup panjang dan sempat tersendat-sendat serta tertunda bebera- pa lama. Ini tentu saja merupakan karunia yang sangat besar artinya bagi penulis. Terselesaikannya buku ini adalah ke- legaan yang luar biasa setelah cukup lama ditunggu-tunggu dengan segala perjuangan baik tenaga maupun pikiran.
Transformasi pendidikan agama Islam yang digagas oleh Fazlur Rahman, merupakan pengamatan penulis ter- hadapberbagai pemikiran dan pandangannya terhadap pendidikan ketika ia masih berada di Pakistan maupun ter- hadap perkembangan pendidikan Islam ketika mengajar di Universitas Chicago.
Selama ini kaum muslim dalam memahami dan mela- kukan proses pendidikan Islam sangat kaku dan normatif. Menurut Fazlur Rahman, “But the real reason for the decline of the quality of Islamic learning was the gradual starvation ofthe religious sciences through their isolationfrom the life of lay intelectualisme with itself then decayed,1(Sebab se- benarnya dari penurunan kualitas ilmu pengetahuan Islam (kemunduran  itu)  adalah  kekeringan  gradual  dari  ilmu- ilmu keagamaan. Karena pengucilannya dari kehidupan intelektualisme sekuler).
Buku Pemikiran Fazlur Rahman tentangPendidikan Is- lam ini awalnya merupakan tugas akhir penulissaat menempuh gelar sarjana di IAIN Sunan kalijaga. Selama proses penulisan buku ini, banyak pihak yang telah dengan ikhlas membantu penulis baik berupa dorongan moral, tenaga, masukan dan pengarahan-pengarahan yang sangat penting artinya. Oleh karena itu, penulis ingin mengucapkan banyak– banyak terima kasih kepada: Bapak Drs. Rahmat Suyud M.Pd, Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Bapak Drs. Moch. Fuad, Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam, Bapak Drs. Radino, Sekretaris Jurusan Pendidikan Agama Islam,  BapakDrs. Sutrisno, M.Ag, Pembimbing tugas akhir penulis, seluruh dosen Fakultas Tarbiyah, terutama Bapak Drs. H. Abdullah Fadjar, M.Sc.,, segenap petugas Administrasi danTata Usaha di Fakultas Tarbiyah. Ucapan terimakasih tak terhingga buat almarhum Apa Jaenudindan Almarhumah Ibu Halimah, yang selalumemberikan semangat dan do’anya, kedelapansaudara penulis: Aka Ended danTeh Eneng, Teh Jijah dan Kang Mudin,Kang Dada, AElan dan Bu Yayah, Teh Idah, A Iwan dan Teh Eneng,Mang Ence dan Teh Yanti, Teh Geugeudan Mas Eko. Semuakeponakanku yang tak bisadisebutkan satu persatu,khususnya Bilal yang mengurusi file naskah ini dari perpustakaan di UIN Sunan Kalijaga dan Irsal Maksum yang keduanya sekarang melanjutkan kuliahdi UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta.
Tak lupa, seluruh kru LPM SINERGI: Lia, Toni, Muchlis, La Ode, Zul, Chamad, Amin, Bang Hade, danAmi.Kemudian kawan-kawan HMI: Rais, Hikmah, Zulkifli Alhumami,Dewi, dan terakhir kawan-kawanPAI-3 Terutama Halimah,Tiha, lin, Dina, Dodi, Bismar, Leni. Ucapanterimakasih banyak saya ucapkan kepada suami saya Mas Arif Syarwani yang selalu menemani penulis dalam suka maupun duka. Semoga segala kebaikan mereka akandinilai dan diganti oleh Allah dengan pahala yang berlipatganda. Penulis sadar sepenuhnya bahwa buku ini masih jauh dari sempurna. Di sana-sini banyak ditemui kekurangan. Oleh karena itu masukan dan kritikan akan sangat berharga bagi penulis. Akhirnya penulis berharap semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi siapapun yang membutuhkannya. (Eva Rohilah,dalam pengantar bukunya)

Identitas Buku
Judul               : Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Pendidikan Islam
Penulis            : EvaRohilah
Penerbit          : Samudra Biru, Yogyakarta
Cetakan          : I, Mei 2016
Dimensi          : x + 84 hlm.; 14 cm x 21 cm