SKRIPSI: Metodologi & Romantikanya

Rp. 50.000 @

Puji syukur kehadiratAllah swt, adalahungkapan pertama yang harus penulis ucapkan atas berbagai limpahan rahmat kesehatan dan hidayah  sehingga  bisa  menyelesaikan  penulisan  buku  ini.
Bahasan utamanyaadalah berbagai problema metodologis, teknik penulisan baku hingga romantika dalam penyelesaian naskah skripsi. Mula pertama dipaparkan posisi skripsi dalam perkuliahan di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional dan berbagai persoalanumum yang dialami mahasiswasaat mengerjakan skripsi.
Di bagian awal hingga mahasiswa lebih banyak mempelajari berbagai hal yang bersifat teknis dan metodologis. Misalnya: karakter skripsi sebagai sebuah karya ilmiah; formatstandar skrispi, termasuk di dalamnya adalah penulisan situasidan daftar pustaka;proses pencarian judul dan penyusunan judulyang baik; latar belakang masalah; rumusan masalah; landasan teori dan aplikasi teori; hipotesa; batasan penelitian; metode penelitian; sistematika; lampiran dan daftar pustaka; hingga penulisan abstrak, jurnal dan presentasi (power point).
Setelah itu, dibahas pula berbagai aspek non akademisyang sering terjadi dan perlu dipecahkan oleh mahasiswa yang menulis skirpsi. Misalnya, perencaan waktu; pentingnya mitra dialog; cara berkomunikasi dengan dosen pembimbing dan penguji; berbagai persiapan menjelang dan saat ujian proposal;berbagai persiapan menjelang dan saat ujian skripsi. Penulis secara khusus perlu mengucapkan banyak terima kasih kepada Ahmad Baidowi, mahasiswa dan asisten asal negeri Jambi dan alumnus Pondok Pesantren Darussalam Gontor,yang telah bermurah hati mewakafkan naskah skripsinya sebagai contoh yang akan bermanfaat bagi para generasi peneruspeserta mata kuliahini. Semoga buku ini bermanfaat dengan senantiasa berhadap Allah swt meridloisegenap perjuangan kita. (DR. Sidik Jatmika, M.Si, dalam pengantar bukunya)
Identitas Buku
Judul               : SKRIPSI: Metodologi & Romantikanya
Penulis            : DR. Sidik Jatmika,M.Si
Penerbit          : Samudra Biru untuk Jurusan Hubungan Internasional UMY
Cetakan          : I, Maret 2016

Dimensi          : x + 154 hlm.; 17,5 x 24,5 cm