Hubungan Internasional di Kawasan Afrika

Rp.  60.000 @

Puji syukurkehadirat Allah Swt, adalah ungkapanpertama yang harus penulis ucapkan atas berbagailimpahan rahmat kesehatan dan hidayah sehingga bisa menyelesaikan penulisan buku ini. Bahasan utamanya adalah berbagai dinamika sosial-politik yang terjadi di kawasan Afrika pada era modern (abad ke-20dan21). Namun demikian, untuk melengkapi pemahaman mengenai latar belakangsejarahnya maka pembahasan mengenaiberbagai hal yang terjadidi era kuno hingga abad pertengahan menjaditidak terhindarkan. Khusus sub kawasan Afrika Utara (Maghribi), dalam buku ini tidak dibahas secara tersendiri karena sudah dibahas di perkuliahan Hubungan Internasional di Timur Tengah.
Afrika adalah benua terbesarkedua di dunia. Kawasan ini secara kesejarahan memilikikedekatan psikologis dengan bangsa Indonesia.Hal itu antara lain berkenaan denganperistiwa Konferensi Asia – Afrikadi Bandung, 1955 dan terbentuknya GerakanNon Blok pada tahun 1962. Karena itu, siapapun yang menjabat sebagai presiden Indonesia, ia pasti memberikan perhatian yang tinggi terhadap kawasanini. Dengan demikian, buku ini penting untuk dibaca oleh para mahasiswa, penelitidan pengamat hubungan internasional yang memiliki minat tinggi terhadapdinamika sosial politik kawasan Afrika.
Bagian pertamabuku ini mengupasmengenai konsep kawasandan sebab-sebab konflik di Afrika. Setelah itu dibahas pula keberadaan warga keturunan Afrika (ekspatriat) yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Bahkan, ada di antara mereka yang menduduki jabatan pentingseperti Presiden Amerika Serikat maupun Sekretaris Jendral Perserikatan Bangsa-Bangsa. Kajian dilengkapi dengan bahasan mengenaidinamika hubungan Indonesia dengan kawasan Afrika. Semoga buku ini bermanfaat dengan senantiasa berhadap Allah swt meridloisegenap perjuangan kita. (DR. Sidik Jatmika, M.Si, dalam pengantar bukunya)

Identitas Buku
Judul               : Hubungan Internasional di Kawasan Afrika
Penulis            : DR. Sidik Jatmika, M.Si
Penerbit          : Samudra Biru, Yogyakarta
Cetakan            : I, Januari 2016
Dimensi          : x + 204 hlm.; 17,5 x 24,5 cm