Birokrat Move on: Catatan Harian Seorang Birokrat

https://1.bp.blogspot.com/-GqJMPgCxgvs/Uwv98pGInbI/AAAAAAAAANA/uvvNV02NDjM/s72-c/Birokrat%2BMove%2BOn%2BSiap%2BCetakdepan.jpg click to zoom
Ditambahkan 21.48
Kategori Percetakan POD Produk Reguler
Harga Rp. 36.000 @ PUTRA MINANG ANGKAT PENAMU! Oleh Drs. H. Syamsu Rahim (Bupati Solok) Saya mengenal Adrinal Tanjung melalui tuli...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Birokrat Move on: Catatan Harian Seorang Birokrat

Rp. 36.000 @

PUTRA MINANG ANGKAT PENAMU!
Oleh Drs. H. Syamsu Rahim
(Bupati Solok)

Saya mengenal Adrinal Tanjung melalui tulisan. Buku Birokrat Move On, Catatan Harian Seorang Birokrat ini merupakan karya kesekian yang menjadikan saya semakin dekat dengan pribadi Putra Minang yang satu ini. Saya mengenal Adrinal sebagai seorang yang gigih dalam berkarya. Tak heran jika sampai saat ini sudah hampir 30 buku telah ia hasilkan. Buku-buku karya Adrinal sangat beragam. Mulai dari tema kepemimpinan dan otonomi daerah hingga buku-buku inspirasi kehidupan.

Adrinal telah membuktikan pada dirinya sendiri khususnya dan masyarakat Sumatera Barat pada umumnya bahwa Ranah Minang masih memiliki potensi yang luar biasa. Sejak zaman tempo doeloe Sumatera Barat telah menjadi pemasok utama penulis, intelektual, budayawan, dan pemimpin bangsa Indonesia. Namun, kini walaupun masih ada jumlahnya semakin menurun.

Adrinal merupakan aset Sumatera Barat yang layak untuk didorong. Ia telah terbukti mampu membagi waktu di tengah kepadatan jadwal sebagai Pejabat Eselon III di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refor-masi Birokrasi untuk menulis dan berkarya.
Tulisan-tulisan dalam buku ini merupakan rangkuman dari buah perjalanan Adrinal, baik di rumah, di jalan, dan saat memberikan Bimbingan Teknis SOP di pelbagai daerah. Semua terangkum dan terurai dalam rangkaian kata yang indah dan menggugah dalam buku ini.

Adrinal sadar betul bahwa menulis merupakan hal penting dalam hidup ini. Menulis menjadi bukti kesejarahan kita. Melalui tulisan kita dapat dikenal banyak orang. Melalui tulisan pula kita mampu jalan-jalan gratis menuju seluruh penjuru negeri.

Menurut saya buku ini unik. Unik karena ditulis oleh seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Harus kita akui bahwa budaya menulis di kalangan PNS masih sangat rendah. PNS masih banyak disibukkan—untuk tidak menyebut menyibukkan diri--dengan urusan pekerjaan di kantor. Mereka belum banyak sadar akan arti menulis sebagai sebuah karya. Adrinal membuktikan bahwa seorang PNS bisa menulis, tanpa harus menganggu pekerjaan di kantor. Asal ada kemauan, pasti ada jalan.

Oleh karena itu, lahirnya buku ini memacu PNS untuk mau berkarya melalui tulisan. Adrinal telah membuktikan dengan kemauan yang kuat dalam waktu kurang dari dua tahun seorang PNS mampu menciptkan sebuah karya yang layak dibaca.

Jadi, buku ini perlu dibaca oleh masyarakat termasuk birokrat di Indonesia khususnya Sumatera Barat. Karena, di dalam buku ini terdapat pula kisah tentang pelayan masyarakat (PNS) dan reformasi birokrasi.

Sumatera Barat sudah saatnya kembali memimpin bangsa Indonesia. Salah satunya dengan terus mendorong putra daerah untuk menulis dan berkarya.

Pada akhirnya, saya mendorong anak-anak muda Sumatera Barat belajar dari Adrinal melalui buku ini. Putra Minang, angkat penamu. Pimpin peradaban dengan tulisan. Semoga buku ini bermanfaat. (Pengantar dalam bukunya)

Identitas Buku
Judul : Birokrat Move On
Penulis : Adrinal Tanjung
Penerbit : Samudra Biru bekerjasama dengan Meilfa Publishing
Cetakan : I Mei, 2013
Dimensi : 14 x 20 cm, xviii + 154 hlm



Komentar