Linguistik Terapan Seri I Bahasa dan Pembelajarannya

https://4.bp.blogspot.com/-ILkvkxtJdTw/Vhd5xreIjYI/AAAAAAAAAZ8/g4sHA8QHsOw/s72-c/blog.jpg click to zoom
Ditambahkan 01.49
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp 40,000 @ HARI DEPAN BAHASA INDONESIA DI NEGERI TIRAI BAMBU: Beberapa Catatan dari Seorang Pengajar Tamu Oleh...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Linguistik Terapan Seri I Bahasa dan Pembelajarannya




















Rp 40,000 @

HARI DEPAN BAHASA INDONESIA DI NEGERI TIRAI BAMBU:
Beberapa Catatan dari Seorang Pengajar Tamu

Oleh: Sudaryanto (Universitas Ahmad Dahlan)

“…kita ingin mendorong terus agar bahasa Indonesia
bisa dipelajari dan dikenalkan di berbagai negara.”
─Mohammad Nuh

Pengantar
Ungkapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (saat itu), Mohammad Nuh seperti dinukil di atas, benar adanya. Pemerintah Indonesia terus berupaya agar bahasa Indonesia dapat dipelajari dan dikenal di berbagai negara, tak terkecuali di Republik Rakyat Tiongkok (atau dikenal Republik Rakyat China/RRC). Di Negeri Tirai Bambu itu eksistensi bahasa Indonesia telah diakui dan mengalami perkembangan yang siginifikan dari masa ke masa.

Tulisan ini ingin mengemukakan hal-ihwal perkembangan bahasa Indonesia di Tiongkok dari beberapa aspek yang bisa dicatat, antara lain, jumlah institusi pendidikan tinggi, para pengajar, para mahasiswa, kesempatan belajar di Indonesia, serta kerja sama internasional. Hemat penulis, dengan mengetahui aspek-aspek tersebut kelak dapat memberikan masukan bagi pemerintah Indonesia dan Tiongkok ke depan.

Saat ini, hubungan diplomatik Jakarta-Beijing bertambah erat, terutama setelah ditandatanganinya Kemitraan Strategis pada 2005 silam. Pemerintah Indonesia dan Tiongkok terus berusaha menjalin kerja sama di berbagai bidang, antara lain, di bidang pariwisata. Di bidang pariwisata, jumlah wisatawan Indonesia ke Tiongkok ataupun sebaliknya kian meningkat. Untuk itu, kepiawaian berbahasa Indonesia cukup menjanjikan lapangan kerja yang menarik.

Di samping itu, yang tak kalah menarik ialah banyaknya perusahaan swasta Tiongkok yang beroperasi di Indonesia. Pihak perusahaan tersebut membutuhkan lulusan sarjana yang memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan aktif. Alhasil, jumlah mahasiswa bahasa Indonesia di universitas-universitas di Tiongkok kian bertambah dari tahun ke tahun. Nah, tulisan ini akan bermula dari hal itu, kemudian beralih ke hal-hal lainnya sebagaimana disebutkan di atas...................................(Kutipan salah satu tulisan dalam buku ini)

Identitas Buku
Judul : Linguistik Terapan Seri I Bahasa dan Pembelajarannya
Penulis : M. Haerazi, Dkk
Penerbit : Samudra Biru
Dimensi : 176 hlm.



Komentar