Need Assessment sebagai Metode Penelitian dalam Merancang Program Pemberdayaan Masyarakat

https://1.bp.blogspot.com/-tSEnS-nL8HY/WD0vGc6H4zI/AAAAAAAAA34/GUoXvOs-718oJxHYbYHPR2xujvTMRZXfACLcB/s72-c/Needs%2BAssessmentupload.jpg click to zoom
Ditambahkan 23.37
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp 45.000 @ Beberapa penelitian yang relevan dengan fokus kajian ini antara lain adalah: Pertama, artikel yang dituli...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Need Assessment sebagai Metode Penelitian dalam Merancang Program Pemberdayaan Masyarakat




















Rp 45.000 @

Beberapa penelitian yang relevan dengan fokus kajian ini antara lain adalah: Pertama, artikel yang ditulis oleh Moh Ali Azis yang berjudul Pendekatan Sosio-Kultural dalam Pemberdayaan Masyarakat, dalam buku yang berjudul “Model-Model pemberdayaan Masyarakat” yang diterbitkan oleh PT.

LKiS Pelangi Aksara, Yogyakarta tahun 2005. Kedua, penelitian yang dilakukan oleh Heru Nurasa yang berjudul “The Influence of Administrative Reform Towards the Rural Community’s Participant” yang dimuat di Journal of Administrative Science & Organization, Number 1 ISSN 0854-3844, Accredited by DIKTI Kemendiknas RI No: 64a/DIKTI/Kep/2010 pada January 2012 Volume 19.

Fokus penelitiannya pada pengaruh reformasi administrasi, baik secara simultan maupun parsial, terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan pedesaan dalam Program Nasional Pedesaan Swadaya Masyarakat Pemberdayaan (NPR-SCE) di Propinsi Jawa Barat.

Ketiga, penelitian yang berjudul “Strategi Program Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Koloray Kecamatan Morotai Selatan”, dilakukan oleh Ronald Tambelangi dan Darius Arkwright.

Keempat, penelitian yang berjudul “Implementasi Program Pemberdayaan Fakir Miskin1(Studi Evaluasi di Delapan Daerah Indonesia)” yang dilaksanakan oleh Drs. B. Mujiyadi, MSW.

Kelima, penelitian yang berjudul “Peran CSR Dalam Upaya Pemberdayaan UMKM Di Jawa Timur”, dilaksanakan oleh Subagyo Adam, Dosen Departemen Sosiologi FISIP Universitas Airlangga.
Berdasarkan pengkajian terhadap beberapa hasil penelitian yang sudah dilakukan, penelitian-penelitian tersebut mengeksplorasi tentang pemberdayaan masyarakat yang fokusnya bervariasi, seperti evaluasi program, strategi pemberdayaannya, dan lain-lain.

Subjek penelitian yang sudah dilakukan adalah program pemberdayaan di masyarakat yang dilakukan baik oleh pemerintah ataupun perusahaan ataupun lembaga non universitas. Sedangkan penelitian yang membahas tentang needs assessment untuk program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh lembaga di dalam kampus terhadap masyarakat kampus dan luar kampus adalah belum banyak dilakukan.

Oleh karena pentingnya hasil penelitian tersebut untuk menjadi acuan bagi rancangan dan pengembangan program-program kerja laboratorium, maka penelitian needs assessment ini sangat diperlukan.

Identitas Buku
Judul Buku : Needs Assessment sebagai Metode Penelitian dalam Merancang Program Pemberdayaan Masyarakat
Penulis : Rr. Siti Kurnia Widiastuti, M.Pd., M.A.
Editor : Maryono
Penerbit : Yogyakarta, Samudra Biru
Cetakan : Pertama, Juni 2015
Dimensi : x + 100 hlm, 15,5 x 23 cm




Komentar