Pribumisasi Pekerjaan Sosial Sebuah Upaya Dekolonialisasi Teori dan Praktik Pekerjaan Sosial

https://3.bp.blogspot.com/-rcj4sITVG1o/Vx8N1tvnixI/AAAAAAAAAvA/IilYjK0Zj1Yn0rK1rpUudhFiux9gFaIMACK4B/s72-c/3_Pribumisasi%2BPS_Siluet.jpg click to zoom
Ditambahkan 23.44
Kategori Percetakan POD Produk
Harga   Kritik terhadap dominasi budaya barat pada teori dan pendekatan yang dipakai dalam disiplin ilmu kesejahteraan social (social work) ...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Pribumisasi Pekerjaan Sosial Sebuah Upaya Dekolonialisasi Teori dan Praktik Pekerjaan Sosial

 


Kritik terhadap dominasi budaya barat pada teori dan pendekatan yang dipakai dalam disiplin ilmu kesejahteraan social (social work) sudah muncul semenjak dekade 1970 an. Ini kemudian memunculkan gerakan indigenisasi atau pribumisasi pekerjaan social pada konteks negara-negara berkembang, yang sebenarnya juga merupakan bagian dari fenomena indigenisasi dalam ilmu-ilmu sosial lain. Dalam tiga decade terakhir wacana mengenai pribumisasi sudah menjadi isu penting dalam pekerjaan social dan menjadi tema dari berbagai buku, seminar dan penelitian.

Namun dalam konteks Indonesia, isu ini banyak dilirik oleh akademisi maupun praktisi pekerja sosial, meski mungkin praktek pribumisasi sudah dilakukan dalam program dan intervensi masalah-masalah sosial. Berangkat dari pemikiran tersebut, program studi Interdisciplinary Islamic Studies Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan seminar yang berjudul Pribumisasi Pekerjaan Sosial: Sebuah Upaya Dekolonialisasi Teori Dan Praktek Pekerjaan Sosial. Seminar ini dimaksudkan untuk lebih dari sekedar membincangkan “wacana”, tetapi lebih jauh lagi, mengidentifikasi sejauh bagaimana sebenarnya upaya pribumisasi dan kontektualisasi praktek pekerjaan social sudah dilakukan. Dari kacamata UIN, pribumisasi pekerjaan sosial memiliki urgensi yang lebih dalam karena tuntutan upaya integrasi interkoneksi yang menjadi core values UIN Sunan Kalijaga dalam pengembangan keilmuannya. Karena itu isu agama, Islam, pada khususnya dan pekerjaan sosial menjadi bagian yang penting dalam seminar dan buku ini.
Di tengah langkanya diskusi tentang pribumisasi pekerjaan sosial di Indonesia, buku ini diharapkan bisa memperkaya wacana. Namun lebih pentingnya, semoga tulisan-tulisan dalam buku ini mampu menggairahkan kembali langkah dan upaya ilmuwan dan praktisi pekerjaan sosial Indonesia, untuk meningkatkan rasa kepemilikan (ownership) terhadap ilmu dan praktek pekerjaan sosial. Dari kacamata praktis, semoga buku ini bisa menjadi rujukan untuk menformulasikan intervensi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal. Akhirnya, atas terbitnya buku ini tidak lupa kami mengucapkan terima kasih terutama kepada Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Khoirudin Nasution, MA., para penulis (kontributor) yang telah bersedia meluangkan waktunya, dan kepada semua pihak yang secara langsung maupun tidak ikut membantu terbitnya buku ini. Semoga buku ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian.


Judul
Pribumisasi Pekerjaan Sosial Sebuah Upaya Dekolonialisasi Teori dan Praktik Pekerjaan Sosial
Penulis Ro'fah dkk
Penerbit UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Tebal-



Komentar