Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal

https://3.bp.blogspot.com/-EIVJT3VbgBo/WDaKaLLl-gI/AAAAAAAAA24/jbaAaKeaWToku5o_sgw7SokiGb8eH--UACLcB/s72-c/Sabirin%2BUpload.jpg click to zoom
Ditambahkan 22.39
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp 45.000 @ Kehadiran buku ini sudah selayaknya kita syukuri dalam rangka memperkaya khasanah keilmuan, teruta...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal

























Rp 45.000 @

Kehadiran buku ini sudah selayaknya kita syukuri dalam rangka memperkaya khasanah keilmuan, terutama dalam bidang pemberdayaan masyarakat yang selalu menjadi dambaan setiap pribadi, komunitas dan Negara-Bangsa tentunya. Dalam pembangunan generasi bangsa, sangat dibutuhkan sentuhan tangan-tangan terampil dalam menggapai kesuksesan.

Tidak hanya berorientasi pada hasil, namun lebih jauh hendaknya juga berorientasi pada proses untuk mencapai sebuah cita-cita yang didambakan, berupa masyarakat etis sebagaimana telah digambarkan dalam dalam Al-Qur’an yaitu baldatun thaiyibatun warabbul ghafur, yang juga disebut dengan masyarakat Madani.

Kehadiran buku ini menjadi sangat menarik mengingat ide yang disampaikan dalam buku ini adalah pembangunan (pemberdayaan) masyarakat dengan tetap memperhatikan konsep kearifan lokal (local wisdom), sehingga dalam proses yang dijalankan akan mendapat respon positif dari masyarakat dan tentunya diikuti dengan partisipasi aktif masyarakat dalam setiap kegiatan pemberdayaan terhadap masyarakat.

Dalam tulisan yang tergolong cukup sederhana ini, sabirin dengan back ground keilmuan community development-nya mencoba mengangkat pemberdayaan masyarakat berbasis kearifan lokal sebagai sebuah pendekatannya, dalam buku ini meunasah diposisikan sebagai media pemberdayaan yang cukup baik dalam menggerakkan masyarakat di komunitas gampong (desa).

Buku ini juga memperlihatkan betapa kearifan lokal menjadi sangat penting diperhatikan oleh para pihak yang terlibat pemberdayaan di suatu komunitas.

Think globally act locally (berfikir global bertindak secara lokal), inilah semangat yang terkandung dalam buku yang saya pikir sangat berharga bagi kita semua. Setting lokasi yang diambil di sebuah gampong yang

ada di Aceh, namun mampu memberikan gambaran yang sama terhadap beberapa daerah lainnya di nusantara bahkan di dunia. Karena masyarakat dimanapun ia berada dengan beragam budaya, latar belakang pendidikan maupun secara letak geografis berbeda. Namun ada satu hal yang sama, yaitu semua daerah itu memiliki keunikan dan perbedaan dengan daerah lainnya yang kemudian kekhususan ini desebut dengan kearifan lokal.

Apresiasi kami kepada penulis, semoga akan ada tulisan lainnya setelah ini. Yang terakhir saya ingin menyampaikan bahwa buku ini layak anda miliki, dan anda yang berhak menilainya. ( Dr. A. Rani Usman, M. Si, Pakar Komunikasi antar Budaya dan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Periode 2012-2016, Pengantar dalam bukunya)

Identitas Buku
Judul Buku : Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal
Penulis : Sabirin
Penerbit : Samudra Biru, Yogyakarta
Cetakan : Kedua (Edisi Revisi), April 2015 (Edisi pertama buku ini (2012) diterbitkan oleh Arraniry Press dan Lembaga Naskah Aceh (NASA))
Dimensi : viii + 112 hlm. 16 x 24 cm.



Komentar