Pendidikan dan Praktik Pekerjaan Sosial di Indonesia dan Malaysia

https://3.bp.blogspot.com/-pjH5Ezag4IM/Vxg5J1QlHLI/AAAAAAAAAoc/6db8EEzM6oI5NBnIF4ZrrkkcixZOpu91gCK4B/s72-c/SW%2BUPdate%2B2%2BDepan.jpg click to zoom
Ditambahkan 00.34
Kategori Percetakan POD Produk Reguler
Harga Rp 50.000 @ Sebagai profesi kemanusiaan yang bersifat global, pekerjaan sosial (social work) telah menjadi isu internasional. Suda...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Pendidikan dan Praktik Pekerjaan Sosial di Indonesia dan Malaysia



Rp 50.000 @

Sebagai profesi kemanusiaan yang bersifat global, pekerjaan sosial (social work) telah menjadi isu internasional. Sudah saatnya para pegiat pekerjaan sosial menjalin komunikasi secara internasional dalam rangka memperkuat basis keilmuan maupun praktiknya. Ini merupaan alasan utama diadakannya seminar internasional yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS), bekerja sama dengan Universiti Sains Malaysia (USM), di kampus STKS Bandung, 12-13 Januari 2011. Seminar yang bertajuk Pendidikan Pekerjaan Sosial di Indonesia-Malaysia ini adalah bagian dari social work update yang telah menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Sebagaimana hasil seminar social work update yang pertama (2010) yang telah dibukukan, buku yang ada dihadapan anda saat ini, adalah kumpulan makalah yang disajikan pada social work update yang kedua.

Buku ini merupakan hasil dokumentasi dari kegiatan seminar internasional yang masih sangat jarang diadakan di Indonesia. Sebagaimana kegiatannya, buku ini menyajikan berbagai bahasan terkait pendidikan dan praktik pekerjaan sosial di Indonesia dan Malaysia. Bahasan disajikan oleh pendidik pekerjaan sosial di Indonesia dan Malaysia, ataupun peneliti, organisasi profesi, dan para ahli di bidangnya. Sehingga, kehadiran buku ini menjadi cukup representatif dalam membicarakan tentang pendidikan maupun praktik pekerjaan sosial khususnya di kedua negara tersebut (Indonesia dan Malaysia).

Dalam dunia buku, saya sering mengutip kata-kata Pramoedya Ananta Toer, yakni: “orang boleh pandai setinggi langit tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.” Pram benar. Bahwa buku, dapat menjadikan seseorang atau sesuatu yang ditulis menjadi tetap ‘abadi’ dalam masyarakat dan sejarah. Penerbitan buku ini, dengan demikian, merupakan kerja intelektual yang wajib untuk diapresiasi. Terlebih, terbitnya buku ini berada di tengah-tengah masyarakat yang masih belum banyak mengenal–dengan tidak menyebut asing–pekerjaan sosial.

Tidak mudah menyatukan dua budaya keilmuan yang berbeda dalam satu tema besar. Oleh karenanya, saya hanya memilah buku ini dalam dua bagian. Bagian pertama berbicara tentang Pendidikan dan Praktik Pekerjaan Sosial di Indonesia. Sebagaimana temanya, bagian ini khusus membahas tentang pendidikan pekerjaan sosial yang ada di Indonesia. Selain itu, dinamika praktik pekerjaan sosial juga mewarnai pembahasan pada bagian ini.

Bagian kedua mengulas tentang Pendidikan dan Praktik Pekerjaan Sosial di Malaysia. Di bagian ini, para pengajar maupun mahasiswa program master dan doktor bidang pekerjaan sosial, membahas tentang dinamika pendidikan dan praktik pekerjaan sosial di Malaysia. Walaupun mungkin berbeda jauh dengan yang terjadi di Indonesia, dikarenakan budaya maupun problem sosialnya, setidaknya ulasan ini dapat menjadi bahan perbandingan yang bernilai.

Dalam penyajiannya, khususnya dalam konteks bahasa, mungkin para pembaca yang budiman (orang Indonesia) akan mengalami sedikit kesulitan. Ini terkait dengan beberapa tulisan yang masih disajikan apa adanya sesuai bahasa aslinya (Bahasa Inggris dan Melayu). Hal ini perlu dimaklumi, sebab buku ini juga beredar di Malaysia. Bukankah publik di Malaysia juga akan merasakan hal yang sama jika membaca bagian yang berbahasa Indonesia? Pendeknya, penyajian buku yang apa adanya adalah sebuah jalan tengah, yang saya kira, cukup bijak.

Akhirnya, ucapan terima kasih wajib kita sampaikan kepada beberapa pihak yang berkontribusi terhadap terbitnya buku ini. Ketua STKS Bandung Drs. Wawan Heryana, M.Pd. yang telah mendukung penuh proses penerbitan buku ini; Azlinda Azman, Ph.D. dari USM yang telah menyunting paper-paper dari Malaysia; Miftachul Huda yang membantu proses editing buku ini; teman-teman penyaji yang telah menyumbangkan pemikirannya; Penerbit Samudra Biru yang bersedia menerbitkan; dan pihak-pihak lain yang berkontribusi secara langsung maupun tidak dalam proses penerbitan buku ini. Selamat membaca. (Edi Suharto, dalam pengantar bukunya)


Current social work practice and education helps boost the quality and competency of social workers as well as social work educators. The seminar entitled “Social Work Update: Pendidikan Pekerjaan Sosial di Indonesia-Malaysia”, organized by the Bandung College of Social Welfare, Bandung, Indonesia and the Social Work Programme, School of Social Sciences, Universiti Sains Malaysia, Penang, Malaysia on the 12th and 13th January 2011, is a beginning of a collaborative effort to understand social work education and practice in the two countries - Indonesia and Malaysia. The 13 papers contributed provide opportunities for wider knowledge exchange in relation to social work education and practice.

The articles from Malaysia focus on two main themes. The social work education theme discusses on the structure and practicum training issues; supervision issues in social work; strengthening social work education; and students’ experiences in the field of social work. The theme on social work practice emphasizes on the development of social work education and profession in Malaysia; social workers’ roles in the current social issues; the need for multi-sectors’ roles in social work practice; and finally globalization and the social work profession.

It is hoped that this publication provides a holistic understanding on the social work education and practice in Malaysia. The sharing and exchange of information permits social workers from Indonesia and Malaysia to continuously enhance their knowledge and competency in providing the best services to any target groups as well as dealing with emerging social issues. (Azlinda Azman, Ismail Baba, Universiti Sains Malaysia dalam pengantar bukunya)

Identitas Buku

Judul Buku : Pendidikan dan Praktik Pekerjaan Sosial di Indonesia dan Malaysia
Penulis : Edi Suharto, dkk
Penerbit : Samudra Biru
Cetakan : I Desember 2011
Dimensi : 358 hlm, 15 x 23 cm


Komentar